More

    Waspadai Letih, Lemah dan Lesu Sebagai Gejala Ringan Covid-19

    Ilustrasi / sumber : https://martechtoday.com/

    Selain demam, batuk, tenggorokan gatal, dan pilek, gejala malaise juga patut diwaspadai sebagai gejala terjadinya infeksi Covid-19. Gejala ini tanda-tandanya adalah letih, lemah, dan lesu. Tubuh seperti kekuarangan energi untuk beraktivitas.

    Hal ini diungkapkan, dr. Anton Sony Wibowo, Dokter spesialis THT Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM. Menurutnya, merupakan gejala yang munncul sebagai respon imun tubuh melawan infeksi. Tubuh orang yang mengalami malaise adalah lemah, letih, dan lesu, seperti kekurangan energi untuk beraktivitas.

    - Advertisement -

    Namun malaise, tidak hanya muncul pada Covid-19. Gejala ini juga banyak dijumpai pada penyakit lainnya yang disebabkan adanya infeksi (penyakit infeksi), misalnya, infeksi virus saluran pernafasan lain, infeksi bakteri atau gangguan hormonal.

    Dosen Departemen THT-KL FKKMK UGM ini menyebutkan malaise merupakan gejala yang mirip dengan kelelahan atau fatigue. Kendati begitu, terdapat perbedaan antara malaise berbeda dengan fatigue.

    “Kalau fatigue lebih cenderung terkait fisik,” terangnya seperti yang dirilis humas UGM.

    Menurutnya, malaise terjadi sebagai bentuk respons imun tubuh atau adanya peradangan. Sedangkan fatigue lebih kearah rasa kekurangan energi yang dapat terkait dengan penyakit tertentu seperti diabetes, animea, penyakit jantung, dan lainnya.

    Lalu, apakah seseorang yang merasa gejala malaise harus melakukan tes deteksi Covid-19? Anton menyarankan sebaiknya cek kesehatan di rumah sakit dilakukan pada orang yang merasa malaise disertai dengan gejala lain. Lalu, memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

    “Apabila merasa mengalami malaise dan ada gejala lain atau ada riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19, sebaiknya segera memeriksakan diri di rumah sakit,”ucapnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here