More

    Mahasiswa UB Sterilisasi Asap Rokok dengan Diffucer Ekstrak Lidah Mertua

    Ilustrasi Lidah Mertua / Foto Istock

    Tanaman Lidah Mertua telah lama dikenal sebagai tanaman yang mampu menyerap polusi udara dengan baik. Khasiat tanaman dengan nama latin Sanseviera Sp ini dimanfaatkan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) untuk mensterilisasi asap rokok.

    Mereka menggunakan Chemical Steam Sterilization dari Ekstrak Lidah Mertua untuk mensteriliasi asap roko tersebut. Untuk memnfilter udara para mahasiswa menggunakan metode Degassing untuk memproses ekstrak lidah mertua agar bisa mengikat gas atau zat beracun yang ada di udara.

    Dalam pengujiannya, pertama-tama lidah mertua dibuat seperti larutan kemudian didinginkan. Selanjutnya dengan metode Chemical Steam Sterilization, estrak lidah mertua tersebut menjadi uap.

    - Advertisement -

    “Desain alat ini mirip dengan diffuser,” tukas Monifa Arini, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB), salah satu tim peneliti seperti yang dirilis humas UB, Rau, (30/09/2020)

    Alat ini lanjutnya, bekerja secara otomatis seperti diffuser. Biasanya digunakan di dalam rumah atau ruang tertutup. Sehingga ketika menguap, maka akan mengikat partikel berbahaya yang terkandung dalam asap rokok.

    “Saya berharap alat ini bisa diproduksi secara masal sehingga bisa meminimalkan dampak asap rokok yang sangat susah dicegah,” kata Monifa.

    Selain Monifa, mahasiswa lainya yang turut dalam pengembangan inovasi ini yaitu Nino Dimasta Putra, dan Dary Rafi Brafianto yang juga dari FT UB. Dengan bimbingan Supriyono, S.T., M.T., alat ini akan dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2020 yang diselenggarakan oleh DIKTI November mendatang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here