More
    Home UTAMA PERISTIWA UI Kembali Juara Umum Kompetisi IT Nasional 2020

    UI Kembali Juara Umum Kompetisi IT Nasional 2020

    Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi juara umum pada kompetisi mahasiswa nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-13. Final Gemastik dilakukan secara daring pada 23 Oktober 2020, dengan Universitas Telkom sebagai tuan rumah.

    Kompetisi Gemastik diselanggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan perama kali digelar pada tahun 2008. Gelar juara umum UI ini kali ini merupakan yang kelima kalinya secara berurutan.

    Sebagai juara umum Gemastik 2020, kontingen UI berhasil membawa pulang 3 Medali Emas, 2 Perak, 1 Perunggu, dan 2 Juara Harapan. Dengan kemenangan ini UI juga mempertahankan piala bergilir “Samakbya Padhesa Widya”.

    Tim UI peserta bersaing pada 11 kategori lomba. Kategori itu yakni pemrograman (Programming), keamanan siber (Cyber Security), penambangan data (Data Mining), desain pengalaman pengguna (UX Design), animasi (Animation), kota cerdas (Smart City), karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper), pengembangan perangkat lunak (Software Development), piranti cerdas, sistem benam & iot (Smart Device, Embedded System & IOT), pengembangan aplikasi permainan (Game Development), dan pengembangan bisnis tik (ICT Business Development).

    Gemastik merupakan pagelaran mahasiswa tingkat nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang merupakan program Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam Gemastik semakin meningkat. Sebanyak 2.869 tim dari 175 Perguruan Tinggi yang tersebar di 33 provinsi se-Indonesia, bersaing pada Gemastik XIII 2020.

    Finalis Gemastik tahun ini berasal universitas-universitas seluruh Indonesia, di antaranya, Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Bandung yang menempati peringkat dua dan tiga secara berturut-turut pada klasemen akhir.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here