More
    Home KREASI MUSIK Kolaborasi Bella Fawzi dan Asteriska ‘Barasuara’ Ungkap Sisi Melankolis Rahwana

    Kolaborasi Bella Fawzi dan Asteriska ‘Barasuara’ Ungkap Sisi Melankolis Rahwana

    Setelah merilis EP pertamanya yang berjudul “Kembali Ke Akar” beberapa waktu lalu, Bella Fawzi nyatanya tidak mau berhenti sampai disitu saja. Kini, dirinya merilis lagu yang merupakan hasil kolaborasinya bersama Asteriska dari Barasuara dengan judul ‘Ratapan Rahwana’. Lagu ini memang merupakan salah satu lagu yang juga terdapat dalam EP “Kembali Ke Akar”. Ini bukan kali pertama Bella bekerjasama dengan Asteriska karena dia juga yang ikut membantu Bella untuk membuat lagu pertamanya ‘Rama Shinta’ yang dirilis tahun 2018 silam.

    Ide berkolaborasi inipun muncul saat Bella merekam lagu ‘Ratapan Rahwana’ ini. Bella merasa karakter vokal Asteriska atau yang biasa dia panggil Icil unik dan berkarakter sehingga dirinya mencoba untuk meminta Icil untuk berduet dengannya. Ternyata, permintaan tersebut disambut dengan baik oleh Icil yang akhirnya membuat lagu ini menjadi lagu duet dari Bella Fawzi dan Asteriska. Menurut Bella, Icil atau Asteriska mampu memberikan nyawa dilagu ‘Ratapan Rahwana’ ini.

    Mengangkat sosok antagonis dalam tokoh pewayangan Ramayana, ternyata ada maksud tersendiri dari Bella untuk mengangkat Rahwana dalam lagu ini. “Lagu ini menceritakan sisi melankolis dari Rahwana. Di cerita ‘Ramayana’ kita selalu lihat Rahwana sebagai sosok antagonis, padahal mungkin di balik itu dia punya sisi lain. Dapat mencintai, dan tersakiti karena Cinta. Sebagai contoh, saat dia mencintai Shinta, Rahwana tahu cintanya bertepuk sebelah tangan, karena Shinta hanya untuk Rama,” jelas Bella. Sebagai penulis lagu dan juga Executive Produser, Bella ikut dibantu oleh Tiyo Alibsjah sebagai Produser lagu ini. Mixing dan Mastering dari lagu ini dilakukan oleh Sumit Studio.

    Lagu ‘Ratapan Rahwana’ dihadirkan Bella dan Asteriska juga dalam video musik. Tidak tanggung-tanggung, Bella mempersiapkan semuanya kurang lebih 1 bulan lamanya. Ini karena dia ingin menggabungkan konsep etnik budaya Indonesia dan India. Itulah kenapa, dalam video musik dihadirkan sosok Rahwana yang menarikan tari Bharatanatyam dari India Selatan, sementara Shinta menarikan tari Kathak dari India Utara. Kostum yang digunakan Bella dan Asteriska dalam video musik inipun merupakan gabungan dari konsep tersebut. Bella mengenakan kebaya dengan headdress Bali, sementara Asteriska menggunakan Batik dan atasan hitam. Video musik lagu ‘Ratapan Rahwana’ ini digarap secara apik di Omah Wulangreh oleh Putu Sutha.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here