More

    Mahasiswa Vokasi UI Raih Penghargaan Kompetisi Artificial Intelligence Internasional

    DEPOK, KabarKampus – Sembilan mahasiswa Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih tiga penghargaan Technical Excellence Award. Mereka juara  atas karya chatbot dalam kompetisi Chatbot Finance Datathon 2020 yang digelar secara daring.

    Kompetisi ini diadakan oleh komunitas profesional Artificial Intelligence (AI) global AI4IMPACT berkolaborasi dengan perusahaan teknologi Singapura Terra AI, komunitas Business Indonesia – Singapore Association (BISA), dan didukung KBRI Singapura. Babak final untuk Datathon Chatbot Finance Series 4th Round berlangsung secara daring, pada 21 Oktober 2020.

    Kompetisi ini diikuti sebanyak 120 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Singapura, Hongkokng dan Indonesia. Pada babak final, para mahasiswa yang tergabung dalam tiga tim ini bersaing dengan 30 nominator chatbot.

    Chatbot merupakan aplikasi chat otomatis yang dapat diaplikasikan di website perusahaan atau platform lainnya untuk membantu komunikasi dua arah antara pengguna informasi dengan operator.

    - Advertisement -

    Tiga karya chatbot rancangan mahasiswa tersebut adalah, pertama, Sharikuy Chatbot, Education of Islamic Finance, karya Nvidia Rifa, Rio Andrian, dan Ellisa Ade (Link Chatbot: https://app.smojo.org/indobot019/bot). Sharikuy merupakan chatbot edukatif untuk memperkenalkan produk keuangan syariah, investasi syariah, rekomendasi produk syariah, serta keuntungan dari syariah.

    Rancangan kedua, adalah Vesta Chatbot, Stock invest 4 dummies, karya Aulia Akbar, Dede Deniawan, dan Febe Pesta (Link Chatbot: https://app.smojo.org/indobot012/bot). Vesta Chatbot ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman investasi khususnya investasi saham.

    Ketiga, rancangan dari Alodiazada, M.Fadhil dan Nengsi Pakpahan, yang menciptakan Mr Cuan Chatbot, advisory financial banking (Link Chatbot: https://app.smojo.org/indobot009/bot). Chatbot ini membantu penggunanya untuk memilih produk perbankan dan memberi informasi tentang produk yang sedang promo dan sesuai kebutuhan.

    Dede Suryanto, ketua tim pendamping mengatakan, keikutsertaan mahasiswa pada kompetisi ini turut membuka cakrawala mahasiswa Vokasi UI akan minat kalangan profesional di Singapura yang cukup tinggi dalam hal mempelajari chatbot. Bahkan beberapa kampus memasukkannya sebagai materi pembelajaran.

    “Dengan kompetisi ini, maka mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran dalam pemanfaatan AI di bidang keuangan dan perbankan. Selain itu, melalui kompetisi ini, turut meningkatkan kreativitas mahasiswa yang berlatar non-IT,” kata Dede yang juga Ketua Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI.

    Salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam tim Sharikuy Chatbot, Ellisa Ade mengaku berbangga hati dapat mewakili Vokasi UI bertanding di kancah internasional. Merekaditantang untuk memiliki kreativitas tinggi serta harus memiliki pemahaman konten keuangan yang sangat komprehensif sehingga berhasil membuat chatbot yang interaktif dan sangat atraktif.

    Chatbot Finance Datathon 2020 yang berpusat di Singapura ini berlangsung dari Mei-September 2020. Kompetisi ini merupakan rangkaian turnamen Artificial Intelligence for Industry yang terdiri dari Deep Learning Series dan Chatbot for Finance Series dan telah diikuti oleh lebih dari 1.400 peserta yang berasal dari perguruan tinggi berbagai negara, serta diikuti juga oleh peserta kalangan profesional workers.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here