More

    Tips Bersepada Aman dari Begal

    Setiap pesepeda tentu menginginkan perasaan senang, aman, dan nyaman saat mengayuh sepedanya. Namun belakangan ini para pesepeda dihantui maraknya kasus begal sepeda.

    Dari berbagai informasi dari berbagai media massa memberitakan tindak kekerasan yang dilakukan oleh begal. Tak sedikit kasus begal sepeda tersebut melulukai korban. Meskipun kemudian, kasus begal tersebut berhasil diungkap oleh pihak berwajib.

    Dilansir dari tim Rodalink, ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar pesepeda terhindar dari begal. Apa sajakah itu, berikut tipsnya :

    - Advertisement -

    Jangan Gowes Sendirian, dan Bersepedalah dengan Berkelompok

    Beberapa kejadian Begal terjadi di tempat yang agak sepi, dan menyerang kepada riders yang mengayuh sepeda sendirian. Berangkat dari hal ini, maka ketika kamu ingin riding usahakan agar menghindari bersepeda sendirian. Kamu yang biasanya lebih demen dengan solo riding, sekarang ini cobalah untuk bersepeda bareng teman, keluarga, atau join ke komunitas sepeda. Dengan bersepeda secara ramai-ramai maka meminimalisir terjadinya Begal sepeda, secara begal sepeda pun akan enggan melancarkan aksinya karena kalah jumlah dengan pesepeda.Tetap patuhi protokol Kesehatan yah riders, seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan jangan terlalu berkerumun.

    Jangan Kenakan Barang Berharga dengan Mencolok

    Kasus Begal atau begal sepeda tak sekadar mengincar sepeda yang dikendarai oleh riders saja, namun mereka (begal) pun disinyalir mengincar barang bawaan dari riders. Misalkan isi dompet, smartphone, maupun gadget lain yang digunakan. Demi keamanan dan kenyamanan saat riding, mulailah dengan hindari membawa barang bawaan yang mencolok saat bersepeda. Apabila kamu ingin tetap membawa smartphone sebagai barang bawaan saat riding, pastikan semua barang bawaan kamu tersimpan dalam tas sepeda. Kamu bisa menyimpan berbagai barang bawaan saat gowes pada tas sepeda, baik itu dalam bentuk tas carrier maupun pun backpack. Kalau riders tak ingin ribet karena harus gunakan tas, mungkin mengenakan jersey sepeda dengan hidden pocket bisa jadi pilihan yang pas untuk menyimpan barang bawaan.

    Capek Genjot dan Mau Istirahat? Carilah Tempat yang Ramai

    Ketika bersepeda dan kamu ngerasa lelah, jangan terlalu dipaksakan dan pastikan untuk menyempatkan diri beristirahat. Begal sepeda kerap melakukan aksinya di pinggir jalan, maka ketika beristirahat pun kamu juga harus memperhatikan tempat yang kamu pilih untuk beristirahat. Beristirahatlah jauh dari trotoar, dan usahakan berhenti dan beristirahat di tempat yang sedikit ramai sehingga oknum begal pun akan berpikir dua kali untuk melancarkan aksinya. Selain itu, ketika beristirahat, jangan lupa kunci sepedamu ketika ingin pergi meninggalkan sepeda, baik itu per ke toilet atau pun saat ingin membeli air minum.

    Hindari Jalur yang Sepi

    Khusus buat kamu yang tetap ingin riding tidak berkelompok, pastikan untuk melalui jalur atau track yang tidak rawan akan begal. Biasanya, aksi begal dilancarkan pada kondisi jalanan yang sepi, dan beberapa kasus Begal menimpa riders yang bersepeda sendirian. Lewatilah jalur / track yang ramai ketika kamu lalui, dengan begitu begal pun enggan untuk melakukan perbuatan kriminalnya.

    Itulah beberapa tips yang tim Rodalink bisa bagikan untuk riders, semoga kasus Begal sepeda dapat cepat terselesaikan, dan para pengendara sepeda bisa riding dengan aman dan nyaman.

    Sumber : Rodalink

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here