More
    Home UTAMA PERISTIWA Universitas Xi'an Jiaotong-Liverpool Meresmikan Academy of Pharmacy

    Universitas Xi’an Jiaotong-Liverpool Meresmikan Academy of Pharmacy

    Universitas Xi’an Jiaotong-Liverpool meresmikan Academy of Pharmacy sebagai langkah memajukan dunia farmasi. Dok. Istimewa

    Universitas Xi’an Jiaotong-Liverpool meresmikan XJTLU Wisdom Lake Academy of Pharmacy pada pada 11 November 2020. Akademi ini akan menerima mahasiswa pertamanya pada tahun 2021.

    Terdapat tiga departemen yang ditawarkan, yakni Ilmu Farmasi, Farmasi, dan Biofarmasi yang terdiri dari enam program sarjana, delapan program magister dan doktoral. XJTLU menargetkan di tahun 2026 nanti, akademi akan memiliki total 2.000 siswa.

    Dr. Yimin Ding, Wakil Presiden XJTLU mengatakan Industri biofarmasi adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. “Sektor ini adalah industri yang menarik – dengan pengembangan kecerdasan buatan dan nanoteknologi, serta banyak peluang untuk kerja sama lintas disiplin di lapangan,” ucapnya.

    Profesor Hualiang Jiang, anggota dari Chinese Academy of Sciences / Akademi Ilmu Pengetahuan China, serta Dean of XJTLU Wisdom Lake Academy of Pharmacy, menjelaskan bahwa untuk mengembangkan bakat dalam biomedis dan farmasi modern, dibutuhkan banyak biaya. Terutama dengan teknologi baru yang semakin cepat melaju. Di sisi lain ada juga keterbatasan-keterbatasan dari sekolah farmasi tradisional. “Untuk mengejar ketinggalan, kami perlu memanfaatkan setiap sumber daya yang mungkin dan membangun akademi farmasi baru dengan pendekatan pendidikan baru,” ujarnya saat berpidato di peluncuran akademi.  

    Di acara yang sama, Qiang Yu, CEO CGeneTech Co., Ltd., menambahkan bahwa perusahaan biomedis dan farmasi di kota Suzhou telah berkembang pesat dalam dekade terakhir. Pada fase saat ini, rintangan terbesar adalah kurangnya bakat. Mahasiswa sering kali tidak memiliki pengalaman dunia nyata, sehingga terkadang perusahaan pun menjadi tidak terlalu melirik mahasiswa yang baru lulus. Merespon kegelisahan Qiang Yu, Dr Ding pun menjelaskan bahwa akademi farmasi ini bertujuan untuk mengatasi rintangan itu.

    “Di Akademi Farmasi, kami bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa kami baik di dalam maupun di luar Universitas untuk mengenal industri ini, sehingga ketika mereka lulus, mereka dapat mulai bekerja, ” sahutnya.

    Selain dukungan dari pemerintah Suzhou setempat dan berbagai mitra dalam industri biofarmasi, Akademi ini juga didukung oleh University of Liverpool (UoL), salah satu parent school XJTLU. UoL memiliki Department of Molecular and Clinical Pharmacology (Departemen Farmakologi Molekuler dan Klinis) yang terkemuka di dunia  internasional, dan pernah dianugerahi Queen’s Anniversary Prize pada tahun 2017. UoL memiliki rekam jejak yang baik dalam pengajaran dan penelitian, serta inovasi terkini. Di antaranya adalah penelitian antimikroba, penelitian infeksi, kanker, dan farmakologi klinis, yang menjadikan kami pusat penelitian obat.

    Profesor Dame Janet Beer, Wakil Rektor UoL dan Wakil Ketua Dewan Direksi XJTLU, menyambut dengan penuh antusias XJTLU Pharmacy Academy ke dalam keluarga University of Liverpool. Kedua universitas berencana untuk bermitra untuk mendirikan XJTLU Offshore Innovation Center for Emerging Technologies (UK) dan XJTLU-University of Liverpool Pharmacy Research Center, yang akan memanfaatkan keahlian dari kedua institusi.

     Selain itu, akademi ini juga akan menampilkan Institut Informatika dan Ilmu Data Farmasi, serta Pusat Analisis dan Pengujian Farmasi, antara lain. Bidang utama penelitian adalah: pengembangan obat dan strategi terapeutik baru, AI dan farmasi, serta farmasi klinis.

    Dr Ding menambahkan, ada beberapa alasan mengapa XJTLU dapat dikatakan berada dalam posisi yang ideal untuk mendirikan akademi farmasi. Pertama, mereka menggandeng kontingen besar staf internasional termasuk dengan pengalaman dan jaringan internasionalnya. Kedua, prinsip terbuka dan transparan memungkinkan kemitraan yang kuat dengan pemerintah dan industri. Ketiga, mereka memiliki pengalaman membangun infrastruktur akademik yang kuat selama bertahun-tahun. 

    “Kami memiliki sains, teknik, seni, humaniora, dan bisnis, sehingga kami dapat memungkinkan siswa yang memiliki banyak keterampilan dengan berbagai kompetensi. Filosofi XJTLU adalah: jika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda harus membuatnya unik. Dan itulah yang kami lakukan dengan XJTLU Wisdom Lake Academy of Pharmacy, ” sahutnya.

    Oleh sebab itu, XJTLU Wisdom Lake Academy of Pharmacy ini dapat menjadi pilihan bagi siswa atau mahasiswa Indonesia untuk meneruskan Pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Terlebih lagi, pertumbuhan industri farmasi dalam skala global bertumbuh sangat cepat. Sehingga Indonesia pun harus siap menyesuaikan kondisi tersebut dengan mempersiapkan putra-putri terbaiknya dalam dunia farmasi.[ADV]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here