More

    Ridwan Kamil Sebut Wisma Makara UI Tempat Isolasi Mandiri Terbaik di Jawa Barat

    DEPOK, KabarKampus – Ridwan Kamil, Gubernur mengapresiasi Wisma Makara Universitas Indonesia sebagai lokasi karantina mandiri pasien Covid-19. Ia menilai lokasi karantina di kawasan kampus UI Depok tersebut sebagai salah satu yang paling bagus se-Jawa Barat.

    “Wisma Makara UI ini merupakan salah satu tempat karantina mandiri yang paling bagus se-Jawa Barat, mengingat Wisma Makara ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien dengan tanpa gejala klinis,” kata Ridwan kami saat berkunjung ke Wisma Makara UI, Depok, Rabu, (02/11/2020).

    Wisma Marakat UI merupakan lokasi isolasi mandiri khusus pasien COVID-19 tanpa gejala klinis, pertama di Kota Depok. Operasional Wisma Makara UI sebagai tempat isolasi mandiri resmi dimulai pada Jumat, 20 November 2020.

    - Advertisement -

    Sebelumnya tempat ini merupakan penginapan dan tempat pertemuan yang dikelola oleh Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) Makara Hospitality Management (MHM), di bawah pengawasan Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU UI). Lokasinya berada di sebelah utara Hutan Kota UI kawasan kampus UI Depok.

    Gedung Wisma Makara UI terdiri atas empat lantai yang memiliki kamar sebanyak 67 unit. Fasilitas yang disediakan yaitu fasilitas penginapan setara bintang tiga.

    Sebagai lokasi isolasi mandiri khusus pasien COVID-19, Wisma Makara menyiapkan kapasitas sebanyak 120 tempat tidur, yang diprioritaskan bagi warga KTP Kota Depok. Fasilitas yang tersedianya diantaranya jaringan internet di dalam kamar untuk memudahkan komunikasi dengan tenaga kesehatan, maupun petugas wisma, serta layanan konsumsi, dan binatu.

    Pihak Wisma Makara menyatakan telah meniadakan penerimaan tamu sejak Rabu, 18 November 2020. Tepat di hari tersebut, Wisma Makara UI juga melakukan upaya pensterilan, serta simulasi pelayanan pasien COVID-19, mulai dari menerima pasien check-in, cara menyiapkan dan memberikan makanan, mencuci pakaian, menjalin komunikasi by whatsapp dengan pasien COVID-19, hingga proses check-out.

    “Kami telah melakukan sterilisasi seluruh kawasan Wisma Makara UI, baik di dalam kamar, hingga ke area luar wisma. Pembersihan, dan penyemprotan disinfektan juga akan rutin dilakukan semasa wisma menjadi lokasi karantina mandiri,” kata Erick A.Soyer, CHA., Kepala UKKPPM MHM Wisma Makara UI

    Tak hanya kesiapan secara fasilitas, menurutnya, mereka juga telah dibekali pengetahuan terkait teknis pelayanan bagi pasien COVID-19 selama menginap di wisma. Seluruh petugas juga diperlengkapi alat pelindung diri yang optimal.

    “Semua dipersiapkan maksimal guna pelayanan terbaik bagi pasien, maupun perlindungan bagi karyawan kami,” ujarnya.

    Sementara itu drg. Novarita, Kepala Dinkes Kota Depok, menjelaskan, Wisma Makara UI memiliki jalur khusus untuk melakukan skrining awal, berupa suhu tubuh, tekanan oksigen, dan tekanan darah. Jika masyarakatyang hendak isolasi mandiri memiliki tekanan darah tinggi, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit isolasi.

    “Fasilitas isolasi mandiri di Wisma Makara UI bersifat gratis, yang diperuntukkan bagi warga Kota Depok, dan sekitarnya, dengan syarat membawa rekomendasi/rujukan tertulis dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas setempat. Pasien COVID-19 diperkenankan isolasi mandiri di Wisma Makara UI selama 10 hari,” terangnya.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here