More

    UMY Bangun Radio Komunitas Untuk Sekolah

    Penyerahan bantuan dari UMY kepada sekolah di Kulon Progo. Dok. Istimewa

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan bantuan studio radio komunitas untuk pendidikan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Radio ini berikan melalui Divisi Pengabdian Mahasiswa,  Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat  (LP3M) khususnya kepada sekolah-sekolah Muhammadiyah.

    Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.  IPM, Rektor UMY, di Kecamatan Kokap Kulon Progo pada Sabtu (19/12/2020). Radio yang diberikan berupa studio beserta pemancar.

    “Semoga kebermanafaatan  dari  Muhammadiyah pada umumnya dan UMY pada khusunya bagi amal usaha Muhammadiyah dalam hal ini sekolah Muhammadiyah melalui radio edukasi dapat  menunjang majunya generasi Muhammadiyah muda,”  jelas Gunawan.

    - Advertisement -

    Dengan memanfaatkan radio, lanjut Gunawan, sekolah bisa melakukan produksi konten pembelajaran. Siaran radio komunitas edukasi sekolah bisa menjadi alternatif bagi para siswa yang kesulitan sinyal dan paket data. Apalagi topografi Kulon Progo yang sebagian berupa kawasan perbukitan, menjadikan radio bisa menjadi alternatif solusi pembelajaran.

    Selain memberikan bantuan radio komunitas, UMY juga memfasilitasi pengembangan kapasitas kompetensi guru dan sekolah Muhammadiyah di Kulon Progo. Kegiatan ini digelar melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah Mengajar yang sudah  terlaksana di 35 sekolah Muhammadiyah yang ada di Kulon Progo pada bulan juli sampai  Agustus 2020.

    “Sebagai bagian catur dharma UMY, pemberdayaan masyarakat melalui  Muhammadiyah Mengajar  ini perlu dilakukan untuk melanjutkan kerja sama dan bukti komitmen UMY dari kami dalam melakukan pemberdayaan sekolah – sekolah Muhammadiyah di Kulon Progo,” jelas Kepala Divisi Pengabdian Mahasiswa LP3M UMY,  Dr Aris Slamet Widodo SP. M.Sc, saat memberikan materi workshop pendampingan dan pengembangan sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Kokap Kulon Progo, Sabtu (19/12/20).   Aris menambahkan bahwa kegiatan ini meliputi pelatihan pemberdayaan kapasitasi guru bertema strategi  pendampingan dan pengembangan sekolah Muhammadiyah.

    Setelah workshop, dilaksanakan  penyerahan bantuan program SOS (Safe Our School) berupa  pemberian  bantuan  dari Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu)  Pusat  kepada 25 sekolah Muhammadiyah. Penyerahan program ini berupa pemberian 14 unit komputer dan printer dan program serta bakti guru  berupa pemberian subsidi uang tunjangan guru senilai 500 ribu untuk 20 guru di  sepuluh  sekolah Muhammadiyah . Program merupakan hasil kolaborasi dengan  program corporate social responsibility  Bank Permata Syariah.

    Penyerahan bantuan dan workshop dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulonprogo,  Majelis Dikdasmen, Lazismu, Direktur Bank Permata Syariah dan 35 kepala sekolah Muhammadiyah se- Kulon Progo.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here