More

    Harga Rapid Tes “CePAD” Buatan Unpad Dipatok 120 Ribu

    Ilustrasi CePAD. Dok. Pemprov

    BANDUNG, KabarKampus – CePAD atau alat rapid tes berbasis antigen CePAD saat ini menjadi satu-satunya alat tes antigen yang diproduksi di Indonesia. Produk karya tim peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad) ini sudah mendapat izin edar sejak 4 November 2020 lalu.

    Tingkat akurasi dan sensitivitas dari CePAD pun sudah melampaui ambang rekomendasi yang ditetapkan WHO. Berdasarkan kajian terakhir, kata Diana, akurasi CePAD sudah di angka 91,5%, sedangkan tingkat sensitivitasnya 82 persen. Angka ini di atas rekomendasi WHO yakni 80 persen.

    Diana Sari, PhD, Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad mengatakan, harga CePAD dipatok Rp 120 ribu. Meski, bukan harga termurah untuk produk tes antigen saat ini, ia optimistis jika produksi CePAD terus meningkat, harganya akan lebih murah.

    - Advertisement -

    “Seumpama kita produksi satu juta, produk ini akan bisa bersaing dengan produk tes antigen dari importir,” kata Diana seperti yang disiarkan Kantor Komunikasi Publik Unpad, Sabtu, (09/01/2021)

    Saat ini lanjut Diana, tes berbasis antigen sendiri saat ini sudah mendapat rekomendasi dari WHO maupun Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinis Indonesia. Unpad sendiri menjadi satu-satunya universitas yang menciptakan rapid tes berbasis antigen di Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here