More

    Telah Memiliki Antibodi, Orang yang Pernah Positif Covid-19 Tidak Perlu Divaksin

    Sumber Foto : FB Jokowi

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Orang sehat menjadi kelompok prioritas sebagai penerima vaksin. Sementara orang yang pernah terinfeksi virus Covid-19 menjadi salah satu orang yang tidak mendapat vaksin Covid-19.

    “Logikanya yang terkonfirmasi Covid-19 dan sembuh sudah punya antibodi,” terang dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD, KAI(K), Ahli Imunologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam siaran UGM, Jumat, (15/01/2021).

    Menurutnya, mereka yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 telah memiliki sistem kekebalan tubuh alias antibodi. Oleh karena itu, mereka tidak masuk dalam kelompok prioriotas untuk diberikan vaksin.

    - Advertisement -

    Sementara itu, dengan penyakit tertentu seperti TBC, hipertensi, diabetes, HIV dan lainnya dapat diberikan vaksin, namun harus dalam kondisi terkontrol. Misalnya, pada pasien TBC dalam pengobatan bisa diberikan vaksin minimal 2 minggu setelah mendapat obat anti tuberkolosis.

    Lalu, pada pasien DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5% dapat diberikan vaksin. Berikutnya, untuk pasien dengan HIV jika angka CD4 < 200 atau tidak diketahui maka vaksinasi tidak diberikan.

    “Vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan untuk pasien autoimun, gagal ginjal, serta wanita hamil,” katanya.

    Orang yang Divaksin Harus Sehat

    Kepala Divisi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM ini menjelaskan, mereka yang dapat divaksin adalah orang sehat. Namun sebelum divaksin, dalam pemberian vaksin, penerima vaksin harus benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak demam.

    Apabila demam dengan suhu lebih dari atau sama dengan 37,5 derajat Celcius maka vaksinasi ditunda hingga sembuh dan tidak terbukti terinfeksi Covid-19 serta dilakukan skrining ulang pada kunjungan vaksin berikutnya.[]

    []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here