More

    UGM, IPB, ITS Kampus Terbaik 2021 Versi Webometrics

    Peringkat Webomtrics Perguruan Tinggi di Indonesia Januari 2021.

    BANDUNG, KabarKampus – Universitas Gadjah Mada kembali meraih peringkat nomor satu dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Januari 2021. Kemudian disusul oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada urutan kedua dan Insitut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) pada urutan ketika.

    Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol. Pemeringkatan ini dilakukan sejak tahun 2004, untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

    Penilaian Webometrics terdiri atas tiga indikator yakni impact atau visibility, openness atau trasnparency, serta excellence. Pada tahun ini, terdapat sekitar 31 ribu perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

    - Advertisement -

    Menyusul UGM, IPB, dan ITS, Universitas Indonesia menempati keempat. Kemudian Universitas Airlangga (Unair) posii kelima dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi keenam.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here