More

    Vokasi UI Buka Prodi Bisnis Kreatif

    UI membuka Prodi Bisnis Kreatif. Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) memuka Program Studi (Prodi) Bisnis Kreatif untuk jenjang Sarjana Terapan (D4). Program ini dibuka untuk Semester Gasal 2021/2020 yang akan datang.

    Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, Direktur Vokasi UI menjelaskan, kurikulum yang diterapkan pada Prodi Bisnis Kreatif, sebanyak 70 persennya adalah praktik dan 30 persen teori. Sementara para pengajarnya adalahpraktisi yang berpengalaman di bidangnya.

    “Sehingga diharapkan para lulusan akan siap memasuki pasar kerja bahkan didorong untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Prof Sigit dalam keterangan persnya, Selasa, (26/01/2020).

    - Advertisement -

    Ia juga menjelaskan, pada program studi ini, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah dengan metode problem-solving based innovation dan cara mengimplementasikan sebuah proyek bisnis. Lulusan Prodi Bisnis Kreatif diharapkan memiliki kompetensi untuk menjadi perencana inovasi bisnis, konsultan pemetaan potensi, maupun pelaku usaha bisnis kreatif berbasis inovasi dan teknologi.

    “Mereka merupakan generasi Z yang diharapkan dapat menciptakan usaha-usaha rintisan yang mumpuni guna memenuhi kebutuhan industri kreatif,” katanya.

    Sementara itu Deni Danial Kesa, MBA., Ph.D., Ketua Program Studi Bisnis Kreatif, menjelaskan, industri kreatif memiliki potensi yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena besarnya peluang pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu yang diperoleh melalui cara mengeksplorasi daya kreasi dan daya cipta individu/kelompok tersebut.

    “Mahasiswa akan mempelajari cara membentuk Perusahaan Rintisan (startup), membangun pasar, menganalisis strategi pemasaran, proses negosiasi, sampai dengan menyediakan sumber daya yang memiliki keterampilan tinggi,” kata Deni.

    Deni menambahkan, mahasiswa yang mengambil Prodi ini akan menempuh pendidikan sarjana terapan selama delapan semester. Mereka juga wajib menyelesaikan 144 SKS untuk dapat memperoleh gelar Sarjana Terapan Bisnis Kreatif atau S.Tr.Bns.

    Sejak 2016, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mencanangkan program ekonomi kreatif dalam berbagai sektor antara lain Pengembang Permainan, Arsitektur, Desain Interior, Musik, Seni Rupa, Desain Produk, Fashion, Kuliner, Film, Animasi dan Video, Fotografi, Desain Komunikasi Visual, Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Aplikasi.

    Pada Tahun Akademik 2021/2022, Program Pendidikan Vokasi UI menawarkan 15 program studi pilihan bagi calon mahasiswa. Sembilan Program Studi adalah untuk jenjang ahli madya, yaitu Administrasi Rumah Sakit, Akuntansi, Hubungan Masyarakat, Periklanan Kreatif, Penyiaran Multimedia, Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Perkantoran, dan Administrasi Perpajakan. Selain itu, enam program studi untuk  jenjang Sarjana Terapan, yaitu Fisioterapi, Terapi Okupasi, Manajemen Rekod dan Arsip, Bisnis Kreatif, Produksi Media, dan Manajemen Bisnis Pariwisata.

    Nah kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang tentang program studi ini dapat diakses pada laman https://vokasi.ui.ac.id). Pendaftaran dapat dilakukan melalui jalur Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan ujian tulis SIMAK UI (Informasi: https://penerimaan.ui.ac.id).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here