More

    IPB Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat Jalur Ketua OSIS

    Ilustrasi IPB / Dok. IPB

    BOGOR, KabarKampus – Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka seleksi masuk melalui jalur Ketua OSIS. Skema ini merupakan salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA.

    Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan mengatakan, skema seleksi mahasiswa baru lewa jalur Ketua OSIS dikembangkan IPB sejak tahun 2018. Seleksi ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB University menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

    “Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership,” ujar Dr Drajat seperti yang dibagikan humas IPB, Selasa, (16/02/2021)

    - Advertisement -

    Nah bagi kamu yang ingin masuk IPB dan pernah menjabat Ketua OSIS, berikut adalah jadwal seleksinya :

    Pendaftaran : 1 Februari – 14 April 2021

    Seleksi : awal Mei 2021

    Pengumuman : 28 Mei 2021

    Registrasi online : 29 Mei – 4 Juni 2021

    Pengunduhan Tagihan UKT : 7 Juni 2021

    Periode Pembayaran UKT : 7-13 Juni 2021 dan
    Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021

    Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa Jalur Ketua OSIS akan dilaksanakan pada 28 Mei 2021 melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.

    Perlu diperhatikan juga bahwa jalur Ketua OSIS hanya bisa diikuti oleh lulusan tahun 2021 jurusan IPA, dan rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80.

    Tata cara pendaftaran jalur Ketua OSIS IPB University sebagai berikut:

    1.  Siswa membuat akun di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.

    2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran yang dapat dilihat di http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/

    3. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pedaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.

    4. Siswa wajib mengunggah oas foto terbaru berwarna, surat rekomendasi dari Kepala Sekolah dan Surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS.

    5. Apabila seluruh pendaftaran sudah lengkap, siswa akan mendapatkan kartu peserta dan dipersilakan untuk mengunduhnya.

    6. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.

    Untuk kualifikasi pelamar jalur Ketua OSIS harus pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai Ketua OSIS. Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here