More

    Ristek BRIN Kucurkan Dana Penelitian 400 Miliar

    JAKARTA, KabarKampus – Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek BRIN) meluncurkan bantuan Pendanaan Penelitian Untuk Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH) tahun 2021. Bantuan yang dikucurkan adalah sebesar 400 Milyar Rupiah.

    Pengumuman pendanaan penelitian ini disampaikan Bambang PS Brodjonegoro Menteri Ristek / BRIN di Jakarta, Selasa, (16/02/2021). Pendanaan penelitian tersebut merupakan bagian dari dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) untuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Tahun 2021 sebesar Rp 1,09 triliun.

    Anggaran tersebut dibagi menjadi dana penelitian untuk PTN Non-Badan Hukum dan PTS sebesar Rp 632 miliar (58 persen) dan dana pengabdian masyarakat untuk PTN dan PTS sebesar Rp 63 miliar (6 persen). Kemudian dana penelitian untuk PTNBH sebesar Rp 400 miliar (36 persen).

    - Advertisement -

    “Tahun ini dana penelitian PTNBH diberikan kepada 12 perguruan tinggi, salah satunya UNS yang pada tahun 2020 lalu dinyatakan sebagai PTNBH. Diharapkan dengan pengalokasian anggaran ini bisa memicu kegiatan riset dan inovasi yang lebih produktif dan intensif lagi di masing-masing institusi,” kata Menteri Bambang dalam siaran persnya.

    Mereka meminta, lanjut Bambang, kepada semua pimpinan perguruan tinggi terkait untuk bisa mengatur anggaran yang diberikan dengan sebaik mungkin. Meski dengan masukan yang terbatas diharapkan mampu memberikan hasil yang optimal.

    Besaran dana penelitian untuk 12 PTNBH berdasarkan hasil penilaian kinerja penelitiannya yaitu Universitas Indonesia (UI) Rp 45,9 miliar, Universitas Gadjah Mada (UGM) Rp 40,7 miliar, Institut Teknologi Bandung (ITB) Rp 40,4 miliar, Universitas Airlangga (UNAIR) Rp 39,2 miliar, Universitas Diponegoro (UNDIP) Rp 38,9 miliar, Institut Pertanian Bogor (IPB) Rp 33,4 miliar, Universitas Padjadjaran (UNPAD) Rp 32,5 miliar, Universitas Sumatera Utara (USU) Rp 30,6 miliar, Universitas Hasanuddin (UNHAS) Rp 30,0 miliar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Rp 28,8 miliar, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Rp 24,3 miliar, dan Universitas Sebelas Maret (UNS) sebesar Rp 15,3 miliar.

    “PTNBH diberikan keleluasaan untuk mengelola secara mandiri dana penelitian yang diberikan, dengan begitu selain diharapkan dapat mengoptimalkan kualitas penelitian dan terus meningkatkan daya saing internasional menuju World Class University, PTNBH juga diharapkan mampu menghilirisasi hasil penelitian menjadi produk-produk inovasi,” pungkas Menteri Bambang.

    Penelitian diarahkan kepada sembilan bidang fokus yang ada dalam Prioritas Riset Nasional (PRN), yaitu Pangan dan Pertanian; Energi; Kesehatan dan Obat; Transportasi; Produk Rekayasa Keteknikan; Pertahanan dan Keamanan; Kemaritiman; Sosial Humaniora; serta Multi Disiplin dan Lintas Sektor. Sembilan fokus riset tersebut diharapkan dapat mendukung rencana yang ditargetkan PRN untuk menghasilkan 49 Produk Riset dan Inovasi yang dibuat dalam 80 tema dan 416 topik. Berdasarkan Tingkat Kesiapterapan Teknologinya (TKT), dana penelitian dibagi untuk mendanai Penelitian Dasar sebesar Rp 231 miliar, Penelitian Terapan Rp 127 miliar, dan Peningkatan Kapasitas Riset Rp 42 miliar.

    Pada kesempatan yang sama Plt. Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati mengungkapkan bahwa penerima pendanaan penelitian untuk PTNBH tahun 2021 ini berjumlah 3.122 proposal penelitian yang diseleksi dari dari 3.545 proposal yang diajukan. Khusus untuk PTNBH, seleksi substansi proposal penelitian dan anggarannya dikelola secara mandiri oleh PTNBH namun tetap dalam koordinasi dan pengawasan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek/BRIN. Pengajuan proposal penelitian berdasarkan beberapa skema pendanaan penelitian, yaitu Penelitian Kompetitif Nasional dan Penelitian Desentralisasi.

    “Koordinasi dan pengawasan tetap melalui kami, tujuannya agar penelitian tersebut selaras dengan kebijakan yang sudah dikeluarkan Kemenristek/BRIN. Selain itu juga kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di PTNBH diharapkan mampu memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat secara terprogram dan berkelanjutan,” ungkap Dimyati.

    PTNBH menjadi perguruan tinggi yang diharapkan mampu menghasilkan produk riset dan inovasi yang dapat membantu menangani permasalahan ekonomi, penanggulangan Covid-19, dan penanggulangan bencana yang saat ini melanda Indonesia. Terbukti dari beberapa produk penelitian Perguruan tinggi unggulan yang saat ini sedang dalam proses pengembangan dan hilirisasi untuk dimanfaatkan diantaranya produk inovasi skrining Covid-19 berupa GeNose C19 dari UGM dan iNose dari ITS yang diproses dengan kecerdasan artifisial (AI).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here