More

    Tips Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

    Ilustrasi / Foto : news.sky.

    Bagi pasien covid-19 yang positif Covid-19, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun isolasi tak boleh dilakukan sembarangan, karena ada aturan yang harus ditaati sehingga tidak terjadi penularan di lingkungan keluarga.

    Apa saja yang harus dilakukan?

    Tetap di rumah

    - Advertisement -

    Trimuryani Nugraheni, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSA UGM, S.Kep.Ners., menjelaskan, pasiens yang menjalani isolasi di rumah sebisa mungkin untuk tetap di rumah. Mereka sebisa mungkin menghindari aktivitas di rumah dan menghindari kontak erat dengan orang lain.

    Ruang Terpisah

    Kemudian, pasien dan anggota keluarga harus terpisah. Pasien tidak boleh berbagi ruangan dengan keluarga dan keluarga yang merawat pun harus dibatasi.

    Perhatikan Ventilasi Udara

    “Lakukan pengaturan ventilasi, pastikan ruangan isolasi memiliki sirkulasi udara yang baik,” kata Trimuryanidalam Talkshow Kesehatan dalam rangkaian HUT ke-19 RSA UGM yang digelar secara daring, Selasa (09/02/2020).

    Prilaku Hidup Bersih

    Selanjutnya adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Antara lain dengan rajin mencuci tangan baik setiap menyentuh pasien ataupun lingkungan sekitar, sebelum dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, dan ketika tangan terlihat kotor.

    Tetap Pakai Masker

    Kemudian, pastikan untuk selalu memakai masker dengan cara yang benar, ganti jika basah/kotor, dan cuci masker kain dengan benar. Lalu, memisahkan alat makan dan barang yang digunakan pasien dengan anggota keluarga lain. Membersihkan area dan barang sekitar pasien secar rutin dengan disinfektan.

    Pantau Terus Status Kesehatan

    “Pantau status kesehatan baik suhu, tanda sesak nafas, batuk, nyeri tenggorokan, dan saturasi oksigen. Jika menunjukkan gejala demam, batuk, pilek, sesak nafas, dan gejala lainnya segera hubungi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” paparnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here