More
    Home UTAMA PERISTIWA KKN Mahasiswa Uhamka, Galakkan Pelihara Ikan Cupang Untuk Cegah DBD

    KKN Mahasiswa Uhamka, Galakkan Pelihara Ikan Cupang Untuk Cegah DBD

    Kelompok 8 KKN Uhamka

    JAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka (Uhamka) menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah menggalakkan memeliharan ikan cupang di bak mandi.

    Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa Uhamka kelompok delapan. Mereka melaksanakan kegiatan KKN Tematik tersebut di Jl. H. Hasan Rt 001/010 Kelurahan Baru, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

    Kelompok delapan terdiri dari dua mahasiswa yaitu Dwi Wahyu Catiotiningrum dan Tia Dwi Pasa. Kelompok terbatas ini sebagai salah satu upaya mematuhi protokol kesehatan. 

    - Advertisement -

    Dwi dan Tia mengatakan, di tengah pandemik covid-19, Demam Berdarah Dengue (DBD) masih kerap terjadi di lingkungan sekitar. Untuk itu mereka bersama petugas Jumantik melakukan aksi menaruh ikan cupang ke dalam bak mandi atau kolam warga. Selain itu mereka juga memberikan abate ke dalam saluran air sebagai salah satu bentuk pencegahan dalam membasmi nyamuk Aides Aegypti.

    Keduanya menegaskan, ikan cupang itu rakus makan jentik nyamuk. Mengutip penyataan Kepala Dinas DKI Jakarta, keduanya mengajak masyarakat untuk memelihara ikan cupang dan menjadikannya suatu tren positif untu menghilangkan jentik-jentik nyamuk.

    “Mari kita lindungi mulai dari diri sendiri, keluarga serta lingkungan sekitar untuk melawan covid-19. Covid perlu dilawan tetapi penyakit lain jangan diabaikan. Tetap jaga kesehatan , tetap semangat, dan patuhi protokol kesehatan,” ujar Dwi dan Tia

    Kelompok KKN Uhamkan terdiri dari 14 kelompok besar. Diantaranya adalah kelompok delapan yang terdiri Dwi dan Tia yang dibimbing oleh dosen Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here