More

    Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Bangun “Rumah Kreatif” di Papua

    Penulis : Indra Gunawan

    Foto bersama di depan “Rumah Karya Papua”

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga meresmikan Rumah Karya Papua di di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, (03/03/2021). Rumah tersebut dibangun untuk merupakan salah satu pusat ekonomi kreatif masyarakat di kawasan Nimbokrang.

    Program yang dirintis mahasiswa KKN UIN Suka angkatan 102 ini bertajuk “Ekonomi Masyarakat Sejahtera (EMAS)”. Peresmian Rumah Karya Papua merupakan hasil kerjasama antara UIN Suka dengan PT PLN Persero melalui program PLN Peduli.

    - Advertisement -

    Gagasan mahasiswa KKN dinilai sejalan dengan tujuan PLN Peduli dalam memberikan akses secara lebih luas kepada masyarakat dalam menunjang kemandiriannya. Program ini dinilai mampu memberikan sumbangsih besar untuk memajukan perekonomian masyarakat di Nimbokrang, Papua.

    KKN Papua Emas UIN Suka menginisiasi Rumah Karya Papua tersebut, sebagai sarana melakukan pendampingan program Papua Berkarya yang juga menjadi program unggulan selama KKN. Sasaran kegiatan ini ialah UMKM di Nimbokrang, Jayapura yang selama pandemi mengalami penurunan pendapatan. Rumah Karya Papua menjadi pusat aktifitas kegiatan kemasyarakatan khususnya membangun ekonomi kreatif.

    Endang Winarsih, Ketua PKK Nimbokrang mengatakan, bersama masyarakat mengaku sangat terbantu dengan adanya kerjasama PLN dan mahasiswa KKN. Hal ini lantaran Rumah Karya Papua menjadi tempat baru untuk bertukar pikiran inovasi bisnis di kampung.

    “Kami berterimakasih pada Mahasiswa KKN, PLN yang telah menginisiasi Rumah Karya Papua. Kami merasa sangat terbantu khususnya mahasiswa KKN yang telah banyak membantu disini. Apalagi dengan Rumah Karya Papua kami jadi ada tempat baru buat bertukar pikiran untuk membuat inovasi di kampung” katanya.

    Tujuan dari program tersebut ialah memfasilitasi masyarakat agar dapat mengoptimalkan potensi lokal meskipun berada di tengah pandemi. Very Julianto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyatakan bersyukur dengan adanya Kerjasama dengan PLN akhirnya dapat mendirikan Rumah Karya Papua.

    “Rumah Karya Papua ini merupakan keberhasilan program yang namanya Papua Berkarya, yang menjadi wadah karya-karya masyarakat di Nimbokrang. Alhamdulillah berkat kerjasama melalui program PLN Peduli Rumah Karya Papua ini berhasil diresmikan,” ungkapnya.

    Hal ini juga lanjutnya, sesuai dengan core values UIN Sunan Kalijaga inklusif-continuous improvement yakni bersifat terbuka, akuntabel, dan komit terhadap perubahan dan keberlanjutan. Harapannya agar terjadi perubahan baik yang terlihat secara fisik maupun mental serta dapat menjadi keberlanjutan program KKN yang telah berlalu.

    Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Karya Papua seperti budidaya lele, budidaya jamur tiram, pembuatan kemasan produk, produksi bahan bacaan. Selain itu juga terdapad kegiatan edukasi tentang digital marketing pada pelaku UMKM di Nimbokrang.

    Yusniar Regita selaku Koordinator Tim KKN Papua Emas UIN Suka menyampaikan timnya telah merancang kegiatan dengan fokus edukasi dan pendampingan kepada masyarakat.

    “Tim kami memang buat kegiatan edukasi sama pendampingan. Biar programnya bisa dimanfaatkan ngga cuma sekarang. Biar pas kami udah balik masyarakat tetep mandiri.” katanya.[]

    Penulis adalah Mahasiswa KKN Papua UIN Sunan Kalijaga di Distrik Nimbokrang Jayapura

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here