More
    Home UTAMA PERISTIWA OSKM ITB 2021: Inspirasi, Budaya, dan Kontribusi untuk Negeri

    OSKM ITB 2021: Inspirasi, Budaya, dan Kontribusi untuk Negeri

    Dokumentasi OSKM ITB 2021

    Pertengahan tahun artinya memulai tahun ajaran baru, tidak terkecuali mahasiswa baru di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) ITB 2021 kembali hadir untuk menyambut 4500 mahasiswa baru yang telah menjadi bagian dari Keluarga Mahasiswa (KM) ITB dengan hangat.

    OSKM ITB 2021 adalah sebuah rangkaian pendidikan, penyambutan, dan pengenalan mahasiswa baru kepada lingkungan kampus. Kaderisasi terpusat di ITB ini membawakan tema dan aksi pergerakan sesuai dengan isu aktual pada masanya yang tercermin melalui visi ketua OSKM ITB. Tahun ini, acara tahunan terbesar di ITB yang paling ditunggu-tunggu di ITB membawa tagline “inspirasi berkontribusi untuk negeri” sebagai bentuk perwujudan mimpi Ketua OSKM ITB 2021, M. Fadly Hidayat.

    Penyambutan Mahasiswa Baru

    - Advertisement -

    Hari pertama OSKM ITB 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2021. Rangkaian kegiatan dibuka dengan kata sambutan dari M. Fadly Hidayat, M. Hanif Ihsan Syuhada (Ketua Kabinet KM ITB 2021/2022) dan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan). Mahasiswa baru ITB 2021 disambut dengan pertunjukan monolog berjudul Laung Syukur dari STEMA ITB. Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, alumni dari berbagai jurusan di ITB seperti Devina Hermawan, Nurhayati Subakat, Jehian P. Sijabat, Sujiwo Tejo, M. Yukka Harlanda, dan Enda Nasution menyampaikan pesan, salam, serta semangat mereka di acara pembukaan ini.

    Gambar.’Laung Syukur” oleh STEMA ITB di OSKM ITB 2021 (Sumber: OSKM ITB 2021)

    Gelar Wicara: Mengupas Pendidikan Berkebudayaan, Mahasiswa, Kebebasan, dan Tantangan

    Pada rangkaian OSKM ITB 2021, terdapat beberapa talkshow atau gelar wicara yang disampaikan oleh narasumber luar ITB dari berbagai latar belakang. Gelar wicara pertama yang bertajuk “Pendidikan yang Berkebudayaan” disampaikan oleh Butet Manurung, pendiri Sokola Institute, yang mengulik lebih jauh mengenai pendidikan yang tidak terlepas dari lingkungan sekitar. Gelar wicara kedua diisi oleh Ketua Kabinet KM ITB 2021/2022, perwakilan Kongres KM ITB 2021/2022, dan MWA-WM ITB bertajuk “Lingkungan Mahasiswa”. Gelar Wicara ketiga dihadiri oleh CEO Menantea, Jehian P. Sijabat, dengan tema “Kebebasan yang Bertanggung Jawab” untuk menyampaikan pentingnya bertanggung jawab dalam setiap kebebasan yang kita ambil. Gelar wicara terakhir dengan topik “Tantangan Masa Depan” dikupas oleh kakak beradik yang dikenal dengan SkinnyIndonesian24, Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez.

    Gambar: Gelar Wicara “Kebebasan yang Bertanggung Jawab” bersama Jehian P. Sijabat (Sumber: OSKM ITB 2021)

    Acara ini bertujuan untuk menimbulkan kesadaran mahasiswa baru bahwa merupakan bagian dari lingkungannya dan memiliki kemampuan untuk mengubah lingkungannya. Selama gelar wicara berlangsung, tagar #OSKMITB2021 dan #InspirasiKontribusi menjadi trending di Twitter Indonesia dengan cuitan lebih dari 4.000 selama tiga hari, mulai dari 20 sampai 22 Agustus 2021 (hari kedua sampai keempat OSKM ITB). Gelar wicara ini ditayangkan melalui YouTube dan meraih lebih dari 48.000 penonton.

    Gambar. Trending Twitter pada Gelar Wicara “Pendidikan yang Berkebudayaan” (Sumber: OSKM ITB 2021)

    Teman Mahasiswa Baru

    Di OSKM ITB 2021, terdapat dua maskot animasi yang menjadi teman perjalanan para maba: Kiba yang polos dengan rasa ingin tahu tinggi (menggambarkan mahasiswa ITB 2021) dan Dorji yang bijaksana dan hati-hati (menggambarkan mahasiswa ITB 2020). Kiba dan Dorji membawa pesan-pesan penting selama rangkaian OSKM ITB berlangsung. Selain itu, OSKM ITB juga memiliki jingle-nya sendiri, loh! Jingle ini sudah diputar sejak 2019 dan masih digunakan hingga sekarang.

    Adaptasi: Luring ke Daring

    Pandemi yang masih merebak di Indonesia tidak mematikan api semangat berkreasi dan berinovasi para panitia OSKM ITB 2021 yang berjumlah sekitar 1.300 orang untuk mengadakan acara orientasi yang menyenangkan dan membawa manfaat. Seluruh rangkaian OSKM ITB 2021 diintegrasikan ke dalam sebuah situs OSKM ITB 2021 yang mencakup segala kebutuhan peserta ke dalamnya, mulai dari buku panduan hingga streaming OSKM ITB 2021.


    Selain itu, pada situs tersebut, peserta juga dapat berjalan-jalan di Roblox, sebuah platform permainan yang dibuat menyerupai miniatur ITB virtual, sehingga peserta yang belum pernah ke kampus pun bisa mengetahui denah kampus ITB Ganesha. Selain Roblox, situs OSKM ITB 2021 juga menampilkan Galeri OSKM ITB 2021, kolaborasi dari Pelita Muda ITB dan VASA ITB, berisikan karya-karya berupa ilustrasi, foto, dan video yang bertujuan untuk menurunkan nilai-nilai budaya melalui tontonan. Jika kamu ingin berjalan-jalan di ITB secara virtual, selain melalui Roblox, terdapat juga video campus tour yang dapat memandu kamu berkeliling ITB, loh!

    Gambar. Roblox OSKM ITB 2021 (Sumber: situs OSKM ITB 2021)
    Gambar. Galeri OSKM ITB 2021 (Sumber: situs OSKM ITB 2021)

    Salam Ganesha dan Lorong Massa

    Sebagai salah satu kampus yang memiliki sejarah panjang, terdapat beberapa tradisi dan budaya yang dilakukan turun-temurun di ITB. OSKM ITB tentunya adalah tempat paling tempat untuk menurunkan budaya tersebut. Salam Ganesha adalah salam terbaik yang digaungkan oleh mahasiswa ITB. Tahun ini, salam itu disampaikan oleh Ketua Kabinet KM ITB 2021/2022, Hanif, dengan lantang, yang berbunyi:

    “Salam Ganesha! Bakti kami, untukmu, Tuhan, bangsa, dan almamater.”

    Selain Salam Ganesha, terdapat Lorong Massa secara daring yang ditampilkan melalui video. Lorong Massa adalah sebutan untuk jalur yang dilewati mahasiswa baru dari dalam kampus sampai Saraga yang dikelilingi oleh massa kampus dari berbagai himpunan dan unit kegiatan mahasiswa. Kegiatan ini, semasa luring, menjadi salah satu waktu yang paling dinanti-nanti oleh mahasiswa ITB, sebab sering terjadi kejadian menarik, seperti banner penuh pesan sarkastik, lambaian uang kertas dari massa kampus, dan lain-lain.
    Pada hari terakhir OSKM ITB 2021, seluruh ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) menyampaikan orasi mereka masing-masing sesuai peran setiap program studi yang dinaunginya. Orasi ini menunjukkan warna, keunikan, dan ciri khas masing-masing HMJ sehingga acara ini dinamakan Orasi Pelangi.

    Gambar: Orasi Pelangi (Sumber: OSKM ITB 2021)

    Hal Baru Tahun Ini

    Selain Galeri dan Lorong Massa secara virtual, OSKM ITB 2021 hadir kembali membawa inovasi: orientasi kampus gajah duduk ini menghadirkan Juicy Lucy sebagai bintang tamu di hari terakhir OSKM ITB 2021, 22 Agustus 2021. Juicy Lucy tampil di acara penutupan untuk mengapresiasi mahasiswa baru ITB dan menambah hype OSKM ITB.

    Gambar: Juicy Lucy di OSKM ITB 2021 (Sumber: OSKM ITB 2021)

    Harapan

    Sesuai visi Ketua OSKM ITB 2021, yakni  “Ruang inspirasi bernavigasi budaya dalam mewujudkan kesadaran berkontribusi untuk Indonesia,” selain tujuan untuk mengenal kampus ITB lebih dalam, OSKM ITB 2021 diharapkan dapat memunculkan kesadaran 4.500 mahasiswa baru ITB untuk memiliki kesadaran berkontribusi untuk negeri ini dengan budaya sebagai navigasi dalam merumuskan langkah yang mahasiswa baru ITB akan tentukan sendiri nanti.

    Penulis: Hasna Khadijah (Teknik Lingkungan ITB 2019)

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here