More

    Business Tourism Sharing

    JAKARTA, KabarKampus – Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila menyelenggarakan Business Tourism Sharing (BTS) sebagai upaya untuk memberikan informasi dan edukasi kepada mahasiswa, insan pariwisata maupun masyarakat umum mengenai berbagai bentuk bisnis di dalam dunia pariwisata. Lebih khusus membantu insan-insan pariwisata di bidang MICE & Event untuk bersama-sama memahami dan mengulik informasi seputar dunia MICE & event di era pasca pandemi ini. Kegiatan seminar ini diselenggarakan secara hybrid pada tanggal 22-23 Juni 2022 bertempat di Universitas Pancasila Ruang Aula Fakultas Pariwisata.

    Pada Hari pertama dibahas tentang pesatnya Perkembangan event olahraga kini setelah Indonesia perlahan memasuki era pasca pandemi Covid-19. Setelah Indonesia terpilih dan berhasil menyelenggarakan Asian Games pada tahun 2018 yang lalu, kini Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan event olah raga bergengsi yang menjadi perhatian dunia yaitu Moto GP di Mandalika. Seperti yang kita ketahui, untuk sebuah negara dapat menjadi tuan rumah sebuah sporting event, biasanya akan diadakan bidding (lelang) terlebih dahulu. Inilah mengapa negara-negara di dunia itu “berlomba-lomba” untuk bisa mendapatkan vote terbanyak, supaya dapat memenangkan bidding dan menjadi host sebuah sporting event.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa event olahraga merupakan bagian dari industri pariwisata yang cukup berkembang. Hal ini dapat kita lihat dan buktikan dengan semakin bertambah banyaknya produk jasa dan barang pariwisata yang bergerak untuk menyokong event olahraga seperti akomodasi, jasa perjalanan wisata ke destinasi sport tourism, dan usaha industri MICE yang bergerak pada special event seperti event olahraga.

    - Advertisement -

    “Business Tourism Sharing” di hari pertama dengan judul seminar “Benefits Of Hosting Sport Mega-Event In Indonesia” ini sebagai upaya untuk menyampaikan informasi dan edukasi mengenai berbagai manfaat serta keuntungan dalam dunia pariwisata khususnya pada bidang Sport Tourism/event, memahami peran dan tanggung jawab Indonesia dalam menggelar sporting event yang bergengsi. Bersama-sama memahami dan mengulik informasi dan edukasi seputar dunia MICE dan Special Event di era pasca pandemi. Serta memperkenalkan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila kepada peserta seminar BTS. Hadir sebagai pembicara kunci adalah Kiagos Irvan Faisal, S.ST (Koordinator Event International Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Bayu Hari Hirmawan (Pemimpin Redaksi Magazine) dan Bima Prasena(Producer/Host See Indonesia, Sea Today).

    Sementara itu pada hari kedua Seminar Business Thourism Sharing (BTS) membahas topik “Endemic? any chance to travel” tentang momentum positif pariwisata Indonesia memasuki tahun 2022 setelah COVID-19 mengarah pada endemik dan masyarakat mulai terbiasa hidup berdampingan dengan virus covid-19.

    Dengan demikian pemerintah Indonesia dapat mengevaluasi kembali bentuk usaha untuk memulihkan ekonomi negara dengan salah satunya mendongkrak kembali sektor pariwisata yang sempat lumpuh beberapa waktu lalu.

    Hadir sebagai pembicara kunci adalah Bapak Hermawan Agus selaku CEO Dayatours Jakarta dan selaku ketua umum Aspperwi. Pembicara lainnya Sutiknyo yang lebih dikenal sebagai Lostpacker merupakan seorang Travel Blogger Urban Farmer. Melalui kegiatan ini penyelenggara berharap peserta yang hadir dapat mengkaji dan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana pengembangan bisnis pariwisata di masa endemik ini.

    Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila yang beralamat di jalan Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan ini adalah penyelenggara program studi S1 Pariwisata yang pertama di wilayah Jabodetabek. Dibuka sejak 2009, Fakultas Pariwisata UP telah terakreditasi A dari BAN PT, dan memiliki jalinan kerjasama internasional dengan berbagai universitas di Inggris, Spanyol, Australia, Jepang, dan ASEAN. Dalam kegiatan akademisnya, Fakultas Pariwisata Uiniversitas Pancasila memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berbasis masyarakat, termasuk pemanfaatan teknologi dalam pariwisata. Informasi lengkapnya bisa dilihat di http://pariwisata.univpancasila.ac.id

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here