More

    Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Syiah Kuala Sukses Gelar Statistics Explore 2022

    Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menyelenggarakan kegiatan Statistics Explore 2022 yang berlangsung selama tiga hari dengan mengusung tema “The Existence of Edutech in the Post-Pandemic Era: An Artificial Intelligence and Data Science”. Statistics Explore sendiri adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himasta dan terhitung sudah dilaksanakan selama 5 tahun dengan tahun ini. Tahun ini, Statistics Explore menghadirkan tujuh rangkaian kegiatan utama yaitu Seminar Nasional EntrepreneurshipInternational Student Forum, Lomba Desain Infografis, Data Science CompetitionBig Data Competition, Pelatihan Software Python dan Stat Expo.

    Statistics Explore 2022 dibuka secara simbolis oleh Wakil Rektor I Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Aggusabti, M.Si pada tanggal 26 September 2022. Melalui sambutannya, beliau berharap kegiatan ini dapat mempromosikan statistika sebagai ilmu penting dan dengan adanya berbagai kemajuan teknologi peran data sangatlah penting sebagai intervensi berbagai strategi dalam pembangunan kedepan. Opening Ceremony juga dihadiri oleh dosen dan staf jurusan Statistika, para peserta, beserta tamu undangan yang turut memeriahkan kegiatan ini. Setelah sukses dilaksanakannya Opening Ceremony, para tamu undangan didampingi langsung oleh Wakil Dekan III FMIPA dan Ketua Jurusan Statistika USK untuk launchingExpo Stat Explore yang terdiri dari 20 stand.

    Pada siang hari, kegiatan Seminar Nasional Entrepreneurshipdibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU selaku Rektor Universitas Syiah Kuala dengan menghadirkan Founder Binar Academy yaitu Alamanda Shantika Santoso dan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh yaitu Dr. Ahmadriswan Nasution S.Si., M.T sebagai pemateri. Seminar ini mengajak generasi muda untuk menggandeng startup dalam memajukan perekonomian Indonesia. Founder Binar Academy sekaligus Mantan Vice President dari Go-Jek memberikan tips untuk membangun startup yaitu terlebih dahulu mengeksplorasi diri sendiri agar aplikasi yang dibangun nantinya tidak hanya sekedar menjadi ide saja tetapi juga memiliki visi yang jelas. Dalam seminar ini, Kepala BPS Provinsi Aceh membahas tentang peningkatan peran literasi masyarakat dengan 4K yaitu Konsep, Kompetensi, Komitmen dan Kelembagaan.

    - Advertisement -

    International Student Forum dilaksanakan di keesokan harinya, pada tanggal 27 September 2022. Kegiatan ini mengangkat tema “The Role of Internet of Things (IoT) Based Technology in Tracking and Controlling COVID-19 in the Post-Pandemic Era” dengan menghadirkan Asst. Prof. Dr. Chinnapong Angsuchotmetee asal Thailand sebagai keynote speakers. Forum diikuti oleh tiga tim, dimana tiap tim memaparkan materi menggunakan 3 bidang ilmu berbeda, yaitu biostatisticsmachine learning, danbig data. Kegiatan lainnya, yaitu Lomba Desain Infografis, Data Science CompetitionBigdata Competition, dan Pelatihan Software Pythonjuga menerima antusiasme yang sangat baik dengan banyaknya peserta yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan tersebut. 

    Ketua Panitia Kegiatan, Arief Rahby mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi di era pascapandemi, dengan penerapan kecerdasan buatan dan peran data science. Dalam kegiatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung utama yaitu Binar Academy, Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh, PT Bank Aceh Syariah dan rekan media atas dukungan penuhnya terhadap kegiatan ini. Last but not least, terima kasih kepada semua peserta dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Statistics Explore 2022. Kami berhasil mengumpulkan 2208 peserta, ujarnya. 

    Acara ini di tutup pada Rabu, 28 September 2022 oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, Dr. rer. nat. Ilham Maulana, S.Si. Dalam penutupan Statistics Explore 2022 turut dilangsungkan pengumuman pemenang Data Science Competition, Big Data Competition, dan Lomba Desain Infografis. Untuk cabang Lomba Desain Infografis, juara 1 dimenangkan oleh peserta dari Universitas Tadulako. Juara 1 Bigdata Competitiondimenangkan oleh Universitas Gajah Mada Sedangkan untuk Data Science Competition, juara 1 dan piala bergilir diraih oleh peserta dari SMAN Modal Bangsa Aceh.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here