More

    LDF RM FT-UNM Lolos 75 Pelaksana PPK Ormawa Terbaik

    Foto Istimewa

    Makasswa – KabarKampus – Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) sebagai salah satu Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang memperoleh hibah pelaksanaan kegiatan (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) mendapat kunjungan secara langsung oleh tim visitasi PPK Ormawa Dirjen Belmawa Kemendikbudristek Tahun 2022 pada hari Minggu (13/11/2022).

    Visitasi kegiatan PPK Ormawa merupakan salah satu rangkaian kegiatan PPK Ormawa setelah pelaksanaan kegiatan Penilai Kemajuan Program (PKP). Tim Pelaksana yang lolos ke tahap visitasi merupakan tim pelaksana yang memperoleh nilai tertinggi dalam pelaksanaan kegiatan yang dinilai dari laporan pelaksanaan kegiatan, logbook dan Pelaksanaan PKP. Dari 328 tim di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, LDF RM FT-UNM termasuk kedalam 75 tim pelaksana terbaik dalam kegiatan PPK Ormawa dan lolos ketahap visitasi sehingga mempunyai pulang besar untuk menang di Abdidaya Ormawa tahun 2022.

    Visitasi untuk sesi wawancara sekaligus untuk penilaian (Support Sistem Perguruan Tinggi, Keterlibatan Dosen Pendamping dan Peran Organisasi Kemahasiswaan) dilakasanakan di Ruang Rapat Rektor Lantai 7 Menara Phinisi. Sedangkan untuk visitasi keterlaksanaan program dilaksanakan di Dusun Pandala, Desa Laikang Kab. Takalar (Lokasi Mitra PKK Ormawa LDF RM FT-UNM).

    - Advertisement -

    Parmin selaku ketua Tim Reviewer nasional PPK Ormawa Kemdikbudristek RI sangat mengapresiasi LDF RM FT-UNM karena telah mampu melaksanakan kegiatan dengan sangat baik yang menghasilkan teknologi tepat guna di desa Laikang dan menghasilkan produk- produk dari pengolahan limbah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

    “Saya sangat tertarik dengan kegiatan PPK Ormawa LDF RM FT-UNM karena telah menghasilkan produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tentunya juga sangat ramah lingkungan”. ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KabarKampus (16/11).

    LDF RM FT UNM juga telah memberikan warna baru di masyarakat yang sederhana namun memiliki manfaat yang sangat besar dan produk-produk yang dihasilkan juga sangat membantu desa dalam mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

    “Mungkin ke depan produk ini dapat dipasarkan oleh Bumdes serta akan di ikutkan dalam pameran- pameran hasil inovasi yang dilakukan oleh desa sehingga bisa menjadi contoh untuk desa- desa sekitar” tambahnya.

    Kepala Desa Laikang Juga sangat mengapresiasi tim PPK Ormawa LDF yang sangat semangat, antusias dan sinergitas dalam melaksanakan program PPK Ormawa sehingga program PPK Ormawa sangat bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya sangat membantu pemerintah desa dalam mempercepat pembangunan berkelnjutan (SDGs Desa).

    “Masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan adik-adik dari LDF RM FT- UNM dan tentunya juga sangat membantu pemerintah desa dalam melakukan terobosan-terobosan baru di desa yang sebelumnya tidak dilakukan karena keterbatasan SDM, program ini juga sangat membantu dalam ketercapai SDGs desa dan kami pemerintah desa akan melanjutkan program ini utamanya dalam memaksimalkan pemasaran produk lewat Bumdes” ujar Kepala Desa Laikang.

    Dosen Pembimbing PPK Ormawa LDF RM FT-UNM, Moh Ahsan yang turut mendampingi tim visitasi nasional juga mengatakan bahwa program kampung iklim yang diterapkan di Desa Laikang akan terus dimaksimalkan oleh TIM PPK Ormawa LDF RM FT-UNM sehingga program ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat Desa Laikang.

    “Kami akan terus melaksanakan dan mengembangkan program ini bersama-sama dengan mahasiswa dan perguruan tinggi sampai semua masyarakat desa Laikang menerapkan dan merasakan manfaat dari produk yang dihasilkan oleh program ini” tegas Ahsan.

    Sahrul Alam (mahasiswa Pend. Teknik Otomotif 2018) sebagai ketua tim pelaksana PPK Ormawa LDF RM FT-UNM merasa sangat bersyukur timnya bisa lolos sampai tahap visitasi yang mempunyai peluang besar melangkah ke ajang Abdidaya Ormawa yang akan dilaksnakan di IPB Bogor. 

    “Saya sangat bersyukur karena telah masuk dalam 75 tim pelaksana terbaik dalam kegiatan PPK Ormawa tahun 2022, hal ini tidak terlepas dari kerja keras tim, pengurus LDF RM FT-UNM, dosen pendamping dan support sistem dari tim kemahasiswan UNM, saya juga berharap semoga kita dapat sampai pada puncak pelaksanaan kegiatan yaitu Abdidaya Ormawa Tahun 2022 sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk LDF RM FT- UNM, Perguruan Tinggi dan tentunya juga memberikan motivasi untuk Lembaga Kemahasiswa yang ada di UNM untuk lebih produktif dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan Kemedikbudristek sehingga ormawa kedepan mejadi pusat pembinaan softskill dan hardskill untuk menjadi mahasiswa yang unggul dan berdaya saing” Jelas Sahrul.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here