More

    Sinergi 16 Perguruan Tinggi dan PT PLN Percepat Transisi Energi Terbarukan

    Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo pada saat penandatanganan MoU PT PLN dengan 16 Perguaruan Tinggi di Indonesia (10/01/2023). (ist)

    Pembangunan kapasitas resource yang dilakukan PT PLN (Persero), salah satunya harus berbasis pada inovasi. Menurut Darmawan, Jika inovasi ini dibebankan sepenuhnya pada PT PLN, tentu menjadi hal yang berat. Untuk itu, diperlukan kolaborasi dengan stakeholder, termasuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia guna membahas isu strategis dalam merealisasikan dan mendukung transisi energi di Indonesia. 

    “PT PLN (Persero) membangun research hub sebagai forum bagi kita untuk membahas apa yang bisa dilakukan bersama-sama melalui riset dan inovasi terkait dengan transisi energi. Misalnya, terkait bumi yang memanas. Produksi emisi gas rumah kaca yang semakin banyak mendorong dibuatnya kebijakan pengurangan emisi. Selain itu, energi fosil penghasil emisi gas rumah kaca juga perlu diganti dengan energi baru terbarukan, contohnya adalah PLTU batubara yang dapat digantikan dengan biomass,” kata Darmawan. 

    Acara penandatanganan MoU turut dihadiri oleh Direktur Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Ir. Dwi Larso M.SIE, Ph.D.; Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PT PLN (Persero), Yusuf Didi Setiarto; Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng.; Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H. M.H.; Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D., Med.Sc.; Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.; Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.; Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.; Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Efffendi; dan Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU.

    - Advertisement -

    Hadir pula pada acara tersebut perwakilan dari Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Medan, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Sebelas Maret.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here