More

    Bahaya di Balik Tren Mandi Lumpur yang Viral

    Bahaya Tren Mandi Lumpur

    Lumpur yang ada di sekitarmu bisa saja terkontaminasi bahan kimia, seperti logam, bahkan feses dan urine makhluk hidup. Lumpur semacam itu tentu akan menimbulkan masalah kesehatan bila berkontak dengan kulit. 

    Menurut dr. Dyah, mandi dengan air lumpur sangat mungkin menimbulkan bahaya untuk kesehatan kulit berikut. 

    - Advertisement -
    1. Kulit Keriput dan Terkelupas

    Mandi di air lumpur, apalagi dalam waktu yang lama bisa membuat kulit menjadi keriput. Kondisi ini dapat membuat kulit di area tertentu terkelupas, terutama pada telapak kaki atau telapak tangan.

    2. Gatal dan Timbul Luka

    Selain kulit terkelupas, paparan lumpur yang kotor juga bisa memicu rasa gatal. Bila kamu terus menggaruknya, maka akan timbul luka terbuka.

    “Kalau ada luka bisa jadi gerbang masuknya bakteri ke dalam kulit,” papar dr. Dyah lebih lanjut.

    3. Infeksi Kulit

    Luka terbuka mengundang bakteri untuk menginfeksi jaringan kulit. Infeksi kulit yang paling umum terjadi adalah selulitis. Infeksi kulit ini menimbulkan kemerahan, pembengkakan dan nyeri pada area kulit yang terinfeksi.

    Bahaya mandi lumpur lain yang mengintai, yakni terbentuknya abses di kulit. Gejalanya mirip dengan selulitis tapi disertai benjolan berisi nanah.

    4. Eksim

    Terakhir, mandi lumpur juga bisa menimbulkan efek samping yang buruk pada orang dengan kulit sensitif. 

    “Reaksi alergi dan eksim bisa saja terjadi jika kondisi kulitnya sensitif,” ucap dr. Dyah.

    Bila terkena eksim, kulit akan menjadi kering berisik, terasa sangat gatal, dan kadang disertai pembengkakan.

    Mengikuti tren Tik Tok memang seru lagi menghibur. Akan tetapi, kamu harus bijak dalam memilih challenge yang ingin diikuti.

    Cari tahu lebih dahulu, apakah tren tersebut berdampak untuk kesehatan fisik dan psikismu atau tidak. Menghindari tren-tren yang berbahaya bisa menjadi langkah untuk #JagaSehatmu.

    Bila kamu mengalami tanda-tanda masalah pada kulit, segera periksakan ke dokter spesialis kulit. Untuk konsultasi dengan dokter lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

    Referensi: 

    Cleveland Clinic. Diakes 2023. Eczema.

    Center of Disease Control and Prevention. Diakses 2023. Skin Infection.

    Biomed Research International. Diakses 2023. Efficacy of Spa Therapy, Mud-Pack Therapy, Balneotherapy, and Mud-Bath Therapy in the Management of Knee Osteoarthritis. A Systematic Review.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here