More

    Jelajah Agama Mahasiswa UIN Jakarta ke Tempat Ibadah Khong Hucu di Desa Pabuaran

    BOGOR, KabarKampus– Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor kerap dikenal dengan desa kerukunan yang memiliki daerah dengan 5 agama, yaitu Islam, Khong Hucu, Kristen, Hindu, dan Buddha. Desa ini sangat menjunjung tinggi toleransi, maka tak heran Desa Pabuaran memiliki tempat ibadah masjid, Klenteng, Viagra, dan Gereja. 

    Kerukunan di Desa Pabuaran menjadi contoh untuk desa yang lainnya agar menanamkan toleransi bagi umat beragama. Kerukunan di Desa Pabuaran merupakan bukti kekuatan kultural bangsa Indonesia. 

    KKN 100 Sata Shakti UIN Jakarta memiliki salah satu proker utama “Jelajah Agama” yang direalisasikan di Desa Pabuaran (14/08/2023). Kegiatan jelajah agama ini melibatkan juga siswa SMP Dorea. Kegiatan berlangsung secara tertib dan siswa SMP Dorea turut antusias mendengarkan penjelasan dari salah satu pengurus tempat ibadah Khong Hucu yang menceritakan sejarah dan makna tempat ibadah Khong Hucu secara rinci. 

    - Advertisement -

    Bapak Suwarsono, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMP Dorea menyatakan bahwa SMP Dorea tidak fanatik dengan perbedaan agama, bahkan SD-SMP Dorea sendiri pun memiliki siswa dari 6 agama yang akhirnya saling menyatu di lingkungan sekolah. 

    “Meskipun kami dari SMP yang didominasi agama Kristen, tetapi untuk jelajah agama itu sangat penting dan kami sangat mendukung terselenggaranya kegiatan Jelajah Agama dari mahasiswa KKN UIN Jakarta, karena di sekolah kami sendiri itu memiliki tiga pelajaran penting yaitu, PPKN untuk menerapkan makna Bhineka Tunggal Ika, Seni Budaya untuk menanamkan macam kebudayaan yang ada di tiap agama, dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dari keenam agama di SMP Dorea.“ Ujarnya

    Bapak W.S Hariyanto selaku salah satu  pengurus tempat ibadah Khong Hucu di Desa Pabuaran menutup kegiatan jelajah agama ini dengan kalimat yang menyentuh kami semua agar kunjungan jelajah agama ini dapat bernilai baik.

    “Perbedaan jangan disalahkan, tetapi perbedaan menjadi sebuah kekuatan antar bangsa. Toleransi saling menghormati dan moderat saling melihat antar segala sisi, sebagaimana bunyi Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda tetapi satu jua.” Ujarnya.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here