More

    Mahasiswa KKN UNDIP Rakit Lampu Bertenaga Surya untuk Jalan Desa

    Tim KKN II Undip Mengenalkan Rangkaian Elektronika Lampu Tenaga Surya pada Karang Taruna Desa Jembangan (02/08). (ist)

    SRAGEN – KabarKampus – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 berbagi pengetahuan tentang lampu bertenaga surya kepada pemuda Karang Taruna Desa Jembangan pada acara kumpul rutin, Rabu (02/08).

    Sebelumnya Tim II KKN Undip mengidentifikasi adanya masalah di Desa Jembangan yaitu kurangnya pencahayaan yang memadai pada beberapa ruas jalan desa. Jalan yang gelap tentunya beresiko bagi pengguna jalan. Pemanfatan energi matahari sebagai energi terbarukan dilihat sebagai alternatif solusi. Oleh karena itu Bagus Ardjuna (20) mahasiswa KKN Undip jurusan Teknik Mesin mencoba merakit sebuah prototype lampu bertenaga surya untuk dikenalkan kepada Karang Taruna desa.

    Pembuatan alat dimulai dengan membeli bahan berupa panel surya 5 WP, IC regulator, mosfet, sensor LDR, resistor, modul charger, baterai 18650, dan lampu LED 7 watt. Kemudian merangkai elektronika dengan menghubungkan panel surya ke IC regulator untuk step downtegangan dari 12 Volt ke 5 Volt. IC regulator kemudian dihubungkan dengan modul charger untuk meneruskan arus listrik agar nantinya dapat mengisi daya pada baterai. Modul charger dan baterai dihubungkan ke mosfet dan sensor LDR sebagai mekanisme saklar otomatis. Lalu akhirnya lampu LED dihubungkan ke mosfet.

    - Advertisement -

    Para karang taruna antusias dan menyampaikan ketertarikannya dengan proyek kecil lampu tenaga surya ini. Karang taruna menyampaikan beberapa pertanyaan terkait kelebihan, kekurangan, dan lama pemakaian lampu surya ini tanpa diisi daya. Harapan dari pengenalan mengenai lampu bertenaga surya yaitu agar kemudian karang taruna dapat memberi proposal pembuatan lampu tenaga surya kepada kelurahan dengan rincian biaya yang sudah diberikan oleh Tim KKN. Dengan dana tersebut kemudian Karang Taruna dapat mengembangkan sendiri lampu bertenaga surya sesuai kebutuhan desa untuk mengatasi minimnya pencahayaan di ruas jalan desa.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here