More

    Orang Indonesia Bisa Raih Nobel

    Oleh: Syaiful Ramadlan*

    Syaiful Ramadlan

    Nobel adalah penghargaan yang diberikan pada individu atau organisasi karena telah memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia. Sejak 1901 terdiri dari 5 kategori (fisika, kimia, kesehatan, perdamaian, dan sastra) nobel diberikan dan kategori ilmu ekonomi baru diberikan mulai 1969.

    Sejumlah 615 nobel telah diberikan kepada 959 individu dan 30 organisasi di 6 kategori sampai 2022. Satu penghargaan dapat diberikan pada lebih dari satu orang atau tim pada tahun yang sama.

    - Advertisement -

    Indonesia belum pernah mencatatkan namanya dalam daftar penerima nobel sejak merdeka pada 1945. Sementara 10 negara dengan populasi terbesar di dunia dan jumlah penghargaan nobel yang diterima masing-masing negara. Amerika Serikat dengan 403 penerima nobel dalam 120 tahun terakhir. Rusia dengan 32 penerima, India 12 penerima, Tiongkok 9 penerima, Meksiko 3 penerima, Pakistan 2 penerima, Nigeria 1 penerima, Brasil 1 penerima, dan Bangladesh 1 penerima nobel.

    Sejarawan Inggris Peter Carey pernah menyodorkan nama yang sempat berpotensi menerima nobel, sastrawan Pramoedya Ananta Toer yang melahirkan tetralogi Buru. Menyorot soal negara dengan populasi terbesar, mengupas soal organisasi atau orang Indonesia yang belum ada satupun memperoleh hadiah nobel.

    Penulis memiliki kajian “Orang Indonesia Bisa Raih Nobel Dunia” dan mencantumkan nama tokoh yang luput dari pantauan radar Sejarawan Inggris Peter Carey.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here