More

    Unnes Kembangkan Angkutan Massal Bertenaga Listrik

    Ahmad Fauzan Sazli

    09 01 2014 Prototype mobil listrik untuk transportasi di Unnes 01

    Prototype mobil angkutan massal untuk mengakomodasi penumpang di kampus Unnes. FOTO : Unnes

    - Advertisement -

    SEMARANG, KabarKampus – Tim Penelitian Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah berhasil menyelesaikan prototipe mobil angkutan massal listrik tanpa bahan bakar. Nantinya mobil listrik ini mampu mengakomodasi penumpang massal di Unnes

    Prototype angkutan massal  dihasilkan lewat penelitian berjudul “Pengembangan Mobil Listrik sebagai The Reliable In-Campus Solusi Transportasi”. Penelitian ini merupakan kolaborasi antara FT Unnes dan Mechanical Engineering & Automation National Kaoshiung First University of Science and Technology Taiwan.

    Kerjasama penelitian kedua lembaga akan dilaksanakan selama tiga tahun 2013 sampai 2015. Kerjasama peneltian tersebut bertujuan menciptakan dan menentukan model pencocokan kerangka mobil, pengaturan alignment atau penjajaran roda depan, motor yang cocok, sistem kelistrikan, sistem rem, dan tubuh yang cocok untuk mobil listrik, serta Envirotech solusi transportasi di kampus Unnes.

    Menurut Wirawan Sumbodo, salah satu tim peneliti mengatakan, kerja sama ini, tidak hanya menghasilkan mobil angkutan massal listrik yang akan diluncurkan dan dioperasikan pada tahun 2015. Tetapi juga telah menghasilkan Nota Kesepahaman di tingkat Unnes dengan National Kaoshiung First University of Science and Technology.

    Selain itu, menurut Wirawan, Sebelumnya juga telah dilakukan penelitian tentang desain mobil listrik dalam bentuk Unnes micro-car. Mobil tersebutlah yang mengawali ide pengembangan mobil listrik di Teknik Mesin Unnes. Sebuah desain mikro mobil yang aman berdasarkan analisis struktural telah dihasilkan dalam penelitian itu.

    Wirawan juga mengatakan, baru-baru ini, juga telah dirancang dan dibangun prototipe mobil listrik. Tetapi hanya dapat menampung empat penumpang. Walaupun telah diuji selama penelitian, masih ada beberapa masalah yang harus dipecahkan, dan perlu penelitian lebih lanjut, guna mengembangkan mobil listrik yang baik, handal, efisien dan easy mainted.

    Penelitian kolaborasi dengan Taiwan inilah, akan dihasilkan mobil listrik yang mampu mengakomodasi penumpang massal di Unnes. Angkutan massal listrik ini menjadi salah satu solusi transportasi hijau di kampus Unnes.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here