More

    Unnes Bangun Kampung Budaya Bernuansa Jawa

    Desain Kampung Budaya Unnes. Foto : Unnes
    Desain Kampung Budaya Unnes. Foto : Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui dana Islamic Development Bank (IDB) saat ini sedang membangun Kampung Budaya di barat Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes, Semarang. Kampung budaya ini didesain sebagai pusat kegiatan kesenian mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum

    Di dalam kompleks kampung budaya ini, akan dibangun sebuah pendopo besar beratap joglo berukuran 20 x 20 m. Pendopo ini dibuat untuk tempat penyelenggaraan pentas baik itu seni wayang, senitari, seni drama, maupun kesenian lain.

    “Penonton dapat menikmati pertunjukan tersebut sambil duduk di ampi teater berundak yang mengelilingi pendopo tersebut,” terang Hendi Pratama MA., Sekretaris Project IDB.

    - Advertisement -

    Kompleks kampung budaya juga dikelilingi tiga bangunan lain yang membentuk letter U. Bangunan sebelah kanan dan kiri untuk menampung produk karya seni lukis dan kriya yang selama ini belum memiliki ‘rumah’. Di tempat tersebut, pameran seni rupa dapat diselenggarakan dengan fasilitas yang mumpuni.

    “Pameran senirupa yang selama ini menumpang di lantai 1 gedung Rektorat dan Dekanat FBS nantinya akan memiliki tempat khusus untuk pameran,” terang Hendi.

    Selain itu, kata Hendi, bangunan di belakang pendopo memiliki fungsi sebagai teater indoor. Tempat tersebut dirancang agar memiliki pengaturan lighting dan akustik yang baik. Penonton juga akan dimanjakan karena disediakan kursi yang nyaman yang disusun secara berundak.

    “Ruang pertunjukan yang ada sudah dilengkapi dengan ruang produksi sehingga setiap pertunjukan yang diadakan di sini berpotensi untuk dipublikasikan secara professional, baik untuk kebutuhan pendidikan maupun hiburan,” pungkas Hendi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here