More

    Mahasiswa Termuda UGM Berusia 14 Tahun

    Aldo Meyolla Geraldino. FOTO : UGM
    Aldo Meyolla Geraldino. FOTO : UGM

    Sekilas mahasiswa yang satu ini sama dengan mahasiswa lain. Tapi siapa sangka mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, Prodi Pendidikan Dokter adalah mahasiswa termuda diantara 9.536 mahasiswa  baru Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun akademik  2015 / 2016.

    Mahasiswa tersebut adalah Aldo Meyolla Geraldino. Saat ini ia berumur 14 tahun, 7 bulan, 29 hari.

    Aldo diterima di UGM melalui jalur Seleksi Bersama Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dalam tes tersebut Aldo memiliki nilai MIPA (Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam) diatas 9, Biologi nilai 9 dan Kimia 9,8.

    - Advertisement -

    Aldo mengaku senang bisa diterima di UGM dalam usia 14 tahun. Menurutnya ia melalui semua jenjang pendidikan dengan mengikuti program akselerasi.

    Saat duduk di bangku SD Negeri 16 Surakarta, kenaikan kelas 4 ada program tes akselerasi, iapun tes dan lolos.

     

    “Awalnya umur 2 tahun, saya sudah masuk play group, umur 3 tahun masuk TK dan masuk SD umur 5,5 tahun. Kelas 3 naik kelas 4 ada tes akselerasi, saya ngikut saja. Jadi di kelas 4,5,6 hanya 2 tahun, jadi lulus SD umur 10 tahun, ” kata Aldo, yang lahir di Surakarta, 19 Desember 2000 ini.

    Demikian pula, saat duduk di bangku SMP Negeri 9 Surakarta dan SMA Negeri 1 Surakarta. Sehingga untuk dua jenjang pendidikan tersebut selesai dalam waktu 4 tahun.

    “Di SMP ikut akselerasi lagi, dua tahun. SMP Negeri 9 surakarta, Jadi lulus SMP usia 12 tahun. Saat di SMA Negeri 1 Surakarta, juga akselerasi, jadi sekarang umur saya 14 tahun,” terangnya.

    Dalam menjalani pendidikan, putra pasangan Masoed dan Christina Murtini ini mengaku tidak memiliki jurus khusus. Meski begitu, nilai akademiknya selalu tinggi.

    “Yang penting belajar itu senang aja. Belajar rutin sih iya, biasanya malam hari, dengan jam yang tidak terlalu terjadwal, sesuai keperluan saja”, aku Aldo.[]

     

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here