More

    Rhenald Kasali Dinobatkan Sebagai Tokoh Manajemen Guru Dunia

     

    Prof. Rhenald Kasali. Foto : FEB UI

    DEPOK, KabarKampus – Lembaga riset The Global Gurus merilis World’s Top 30 Management Professionals for 2018 pada Juni 2018. Salah satunya menobatkan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) sebagai  salah satu Management Guru di dunia.

    Prof. Rhenald menduduki peringkat ke-22. Ia menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia pada World’s Top 30 Management Professionals for 2018.

    - Advertisement -

    Penetapan World’s Top 30 Global Gurus didasarkan atas tujuh parameter yaitu opini publik (30%) ; Orisinalitas ide (30%) ; dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (10%) ; kegunaan ide (10%) ; jumlah publikasi dan karya ilmiah (5%) dan presentation style & Guru Factor  (15%). The Global Gurus tidak hanya menanugerahkan penghargaan di bidangmanagement melainkan juga pada sepuluh bidang lainnya yaitu Leadership, Management, Communication, Sales, Coaching, Hospitality, Education, Customer Service, Body Language dan Neuro-Linguistic Programming. Daftar World’s Top 30 Management Professionals for 2018 dapat dilihat pada laman : http://globalgurus.org/management/

    “Mungkin tak ada ilmu lain selain  manajemen dan strategi yang hidup dalam lingkungan yang sangat dinamis dan mengusik manusia untuk terus berpikir, mencari jalan keluar dan memberikan alternatif bagi dunia usaha, birokrasi dan pembangunan,” kata Prof. Rhenald, Selasa, (26/06/2018).

    Baginya, berada dalam lingkungan Indonesia yang super dinamis adalah opportunity bagi ilmuwan Indonesia untuk menambah literatur dunia dan inspirasi bagi dunia usaha. Oleh karena itu, ia menghargai pengakuan Yayasan Global Gurus yang menaruh mata pada dinamika ilmuwan Indonesia.

    Selain itu tambah Prof. Rhenald, Indonesia kini diperhadapkan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN. Momentum tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda Indonesia.

    “Jangan anggap persaingan global tersebut sebagai suatu ancaman melainkan sebagai kesempatan untuk meraih cakrawala yang lebih luas serta sebagai peluang Ekonomi Efisiensi (sharing economy) dan Kolaborasi Optimal untuk menciptakan produk maupun pelayanan menjadi lebih baik,” ungkapnya.

    Selain Prof. Rhenald, terdapat pula pakar manajemen ternama lainnya yang masuk dalam 30 Global Gurus bidang Manajemen seperti Daniel Pink (Northwestern University, USA), Daniel Goleman (Rutgers University, USA ; Philip Kotler (Kellogg School of Management, Northwestern University, USA) dan John P. Kotter (Harvard Business School, USA).

    Prof. Rhenald Kasali meraih gelar profesornya dari UI pada tahun 2009. Sebelumnya, Prof.Rhenald meraih gelar PhD dari University of Illinois.

    Prof.Rhenald telah banyak dipercaya memimpin transformasi, di antaranya menjadi pansel KPK sebanyak 4 kali dan menjadi praktisi manajemen. Prof.Rhenald juga memiliki “Rumah Perubahan” – sebuahtraining center yang telah menjadi role model dari social business di kalangan para akademisi dan penggiat sosial yang didasari entrepreneurship dan kemandirian. Sejumlah buku karya Prof. Rhenald diantaranya Sembilan Fenomena Bisnis (1997), Change! (2005), Recode Your Change DNA (2007), Cracking Zone (2011) dan Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger (2014).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here