More

    FIK UI Terapkan Sistem IT di Posyandu Depok

    Para kader Posyandu saat mengikuti workhsop. Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Sejumlah dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) melakukan pendampingan IT kepada kader Posyandu di Kelurahan Kukusan, Beji, Kota Depok. Program yang diusung adalah peralihan pencatatan kesehatan manual (kertas) ke berbasis teknologi (digital).

    Program pengabdian masyarakat ini telah berlangsung sejak Juni hingga September 2018. Mereka hadir di Posyandu Cempaka dan Flamboyan kota Depok.

    Ns. La Ode, ketua tim mengatakan hingga saat ini sistem pencatatan di posyandu umumnya masih konvensional atau manual menggunakan kertas. Sehingga cenderung kurang efisien.

    - Advertisement -

    “Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, pengelolaan data secara manual memiliki banyak kekurangan, baik dari segi waktu, keakuratan input dan proses data, serta pelaporan,” ungkapnya.

    Lebih lanjut menurut Ns. La Ode, sistem pencatatan manual berbasis kertas cenderung tidak tertata dengan baik. Bahkan kerap mengalami kesulitan dalam mengelola dan mencari data ataupun informasi terkait kesehatan penerima manfaat Posyandu  (ibu hamil, balita, lansia, remaja, kelompok rentan lainnya).

    Dalam pendampingan, Ns.La Ode dan tim menggelar sosialisasi, focus group discussion dan workshop kepada para Kader Posyandu. Selain itu, guna mendukung terealisasinya sistem ini, Tim Pengabdi Masyarakat FIK UI memberikan 2 unit laptop sebagai inventaris kepada masing-masing posyandu (Cempaka dan Flamboyan).[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here