More

    UI Bangun Gedung Megah Untuk Pertunjukan Seni dan Budaya

    Makara Art Centrum dari belakang. Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) membangun gedung baru untuk pertunjukan seni dan Budaya. Gedung ini diberinama dengan Makara Art Center (MAC) UI.

    Gedung MAC terdiri atas lima lantai yang di dalamnya terdapat auditorium pertunjukan utama dengan kapasitas 418 bangku dengan sistem tata akustik dan pencahayaan yang mumpuni. Selain auditorium, terdapat pula ruang galeri untuk menampilkan seni lukis dan kerajinan tangan. Gedung MAC memiliki pemandangan Danau Kenanga yang hijau dan asri dan berlokasi dekat dengan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus Depok.

    Peresmian gedung Makara Art Center bersamaan dengan dibukanya UI Lake Art Festival 2018, Senin, (10/12/2018). Hadir dalam peluncuran MAC  yaitu Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A., Wakil Rektor UI dan I.Yudhi Soenarto.,  Artistic Director MAC UI

    - Advertisement -

    Prof. Anis menuturkan, ia sepenuhnya mendukung keberlangsungan aktivitas seni dan budaya di dalam kampus UI. Para mahasiswa UI juga diharapkan dapat terus mengobarkan semangat “Panji-panji ilmu dan Seni Berkibar Tinggi di Almamater ini” sesuai dengan pernyataan Guru Besar Emeritus UI Prof.Dr.Fuad Hassan pada tahun 1987 yang terpampang di dinding Lantai 1 Gedung Pusat Administrasi Universitas – kampus Depok.

    Auditorium pertunjukan utama. Dok. UI

    “Untuk itu, manfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas MAC sebagai ajang aktualisasi diri. Lulusan UI adalah lulusan yang berjiwa kompetitif serta memiliki karakter jiwa dan raga yang sehat. Salah satu upaya menyehatkan raga adalah melalui seni dan budaya,”

    Lebih lanjut, Yudhi menuturkan, MAC merupakan Pusat Kesenian pertama yang ada di kota Depok. Mereka bangga bisa hadir di tengah-tengah masyarakat kota Depok.

    “Kami berharap MAC dapat menjadi pusat kesenian yang dapat mempertemukan para seniman dengan publik penikmat seni. Sivitas akademika UI – baik itu mahasiswa maupun dosen banyak sekali yang merupakan seniman handal.  Hadirnya MAC UI diharapkan mampu menyajikan acara kesenian yang berkualitas demi terciptanya ruang apresiasi seni dan budaya yang bermanfaat,” ungkapnya.

    Sebagai pusat kegiatan kesenian di kampus UI Depok, MAC tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI melainkan terbuka untuk umum. Diharapkan adanya fasilitas pusat kesenian yang lengkap dapat mewujudkan dan menyiapkan peserta didik UI menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani. Sehingga pada akhirnya mampu memperkaya dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kebudayaan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here