More

    Belajar Instagram Shop Bersama Pekerja Migran Indonesia (PMI) Taiwan

    Oleh: Nadya Pramesti Putri*

    Pengenalan Instagram Shop oleh Mentor pada program Matching Fund UPN Veteran Jawa Timur 2022. (Sumber Dokumentasi MF 2022 UPNVJT)

    Program Matching Fund yang diselenggarakan oleh UPN ‘Veteran’ Jawa Timur sampai pada titik akhirnya setelah berjalan kurang lebih 6 bulan lamanya. Dilansir dari Kedaireka.id penjelasan dari program Matching Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Mitra. 

    Matching Fund atau disingkat MF tahun 2022 ini diselenggarakan oleh UPNVJT dan berkolaborasi dengan UPZ BAZNAS Bhakti Jaya Indonesia yang merupakan suatu Lembaga yang beroperasi di Taiwan. Lembaga ini lebih berfokus pada program pendidikan kesetaraan kejar paket C di Taiwan, maka dari itu kolaborasi yang terjalin dalam MF ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Taiwan. Pelatihan yang dilakukan dalam MF ini diantaranya adalah pelatihan pemasaran digital melalui media sosial TikTok dan Instagram bagi para PMI di Taiwan. Penggunaan TikTok dan Instagram seakan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, maka dari itu pihak pengusul yang berasal dari UPNVJT yakin dengan pelatihan tersebut mampu memberikan pengetahuan baru dan meningkatkan ilmu para PMI Taiwan dalam menggunakan TikTok dan Instagram. 

    - Advertisement -

    Ada banyak kelas yang diselenggarakan selama MF ini, namun penulis akan memberikan salah satu contoh ketika para PMI Taiwan ini belajar mengenai penggunaan Instagram (12/10/2022). Dalam kelas MF ini, para mentor menjelaskan terkait apa itu platform Instagram dan bagaimana cara penggunaannya, mentor kelas saat itu juga menjelaskan bagaimana platform Instagram mampu menjadi media untuk memperkenalkan bisnis para PMI Taiwan.

    Instagram dapat dijelaskan sebagai sebuah sosial media yang berbasis gambar. Layanan yang diberikan oleh media ini adalah bagaimana kita dengan mudah bisa berbagi foto dan video secara online. Jika melihat dari sejarahnya, kata Instagram sendiri merupakan pengertian dari keseluruhan fungsi yang aplikasi ini miliki. Kata “Insta” berasal dari kata “instan”, seperti contohnya kamera polaroid yang sejak dulu dikenal sebagai kamera yang mampu memberikan hasil foto yang “instan”. Sama halnya dengan kamera polaroid, Instagram juga mampu menampilkan foto – foto secara instan. Kemudian untuk kata “Gram” berasal dari “Telegram” yang berarti, cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cara yang cepat. Oleh karena itu, Instagram merupakan perpaduan dari kata instan dan telegram. Beberapa penjelasan dari mentor pada kelas MF hari itu diantaranya adalah cara menggunakan fitur – fitur yang ada di Instagram, seperti Instagram Reels, Instagram Explore sampai ke Instagram Shop.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here