More

    Bahaya di Balik Tren Mandi Lumpur yang Viral

    Ilustrasi pemuda live TikTok mandi lumpur 24 jam. (Foto: Tangkapan layar akun TikTok banganjay811 via indozone.id)

    JAKARTA, KabarKampus – Baru-baru ini beredar siaran langsung di TikTok yang mempertontonkan aksi mandi lumpur. Dalam video tersebut, beberapa orang merendam tubuhnya di dalam bak berisi campuran air dan lumpur. 

    Mereka juga menyiram tubuhnya dengan lumpur bila penonton siaran memberikan koin. Semakin banyak koin yang diberikan, semakin banyak pula jumlah lumpur yang disiramkan.

    Sayangnya, di balik tren mandi lumpur ini ada bahaya kesehatan yang mengancam. Apa bahayanya? Yuk, cari tahu risiko kesehatan mandi lumpur kotor agar kamu tidak mengikuti tren di Tik Tok ini!

    - Advertisement -

    Beda Terapi Lumpur dan Tren Mandi Lumpur

    Sebelum membahas bahaya tren mandi lumpur, kamu perlu tahu bahwa membalurkan lumpur ke tubuh tidak selalu buruk untuk kesehatan. Beberapa metode pengobatan justru menggunakan lumpur sebagai medianya.  

    “Ada kandungan campuran mineral di dalam lumpur yang bermanfaat untuk kesehatan,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dalam keterangannya yang diterima KabarKampus.com

    Manfaat ini, misalnya, diulas dalam penelitian pada Biomed Research International. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi terapi mud-pack, balneoterapi, dan terapi spa dapat digunakan sebagai pengobatan pengobatan osteoarthritis. Efek lainnya adalah  bermanfaat mengurangi konsumsi obat antinyeri.

    Akan tetapi, jenis lumpur yang digunakan pada terapi mud-pack berbeda dengan mandi lumpur yang sedang tren di Tik Tok sekarang ini. 

    “Kalau lumpur yang ada di sekitar kita belum tentu ada kandungan mineral seperti yang ada di penelitian”, tegas dr. Dyah lebih lanjut.

    Bahaya Tren Mandi Lumpur

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here