More

    Mahasiswa Bandung Juara Kontes Robot di Untar

    Ahmad Fauzan Sazli

    Robot Seni Indonesia dengan sensor suara. Dok. Untar
    Robot Seni Indonesia dengan sensor suara. Dok. panitia KRI 2014 regional II

    JAKARTA, KabarKampus – Dari sebanyak 30 kampus di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, tim robot asal kota Bandung berhasil mendominasi juara pertama pada ajang Kontes Robot Indonesia 2014 KRI 2014) tingkat regional II di kampus Universitas Taruma Negara (Untar). Tim asal kampu di Bandung meraih juara pertama di empat kategori, dari lima kategori yang dilombakan.

    KRI 2014 Regional II yang digelar pada 24 – 26 April 2014 diikuti oleh 72 tim dari 30 perguruan tinggi. Kontes ini mempertandingkan lima kategori, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

    - Advertisement -

    Untuk kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, juara pertama adalah Tim Azkaizan 4WD (Universitas Telkom), juara kedua Tim Thunder Bolt V.3 (Universitas Maranatha), dan juara ketiga Siliwangi II (Politeknik Negeri Bandung). Dan untuk Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki juara satu adalah Tim Yudhistira 2 (Politeknik Negeri Bandung), juara kedua Renato (Universitas Indonesia), juara ketiga Arjuna  (Universitas Telkom).

    Sementara untuk Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), juara pertama adalah Isola (Universitas Pendidikan Indonesia), juara kedua Dago Concordia (Institut Teknologi Bandung), dan juara ketiga Ashvara (Universitas Indonesia). Kemudian pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) juara pertama adalah Dago Hoogeshool (Institut Teknologi Bandung), juara kedua Isola S3 (Universitas Pendidikan Indonesia), dan juara ketiga Balaputramakara (Universitas Indonesia).

    Selanjutnya untuk kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), juara pertama diraih oleh Tim El-Forza 14 (Politeknik Negeri Jakarta), juara kedua Tim Robunta (Universitas Tarumanagara), dan juara ketiga Tim Blue Deep (Universitas Budi Luhur).

    “Semua tim kategori bergengsi ini memiliki kemampuan yang merata. Terbukti pada putaran final kategori Kontes Robot ABU antara Politeknik Negeri Jakarta dan Untar berlangsung ketat. Pada kategori ini juga juri memberikan penghargaan Desain Terbaik untuk Robunta Universitas Tarumanagara dan Strategi Terbaik untuk Blue Deep Universitas Budi Luhur,” kata Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T., Ketua Panitia KRI Regional II di Jakarta Sabtu (26/04/2014).

    Para pemenang kontes robot tingkat regional II ini selanjutnya akan mengikuti koontes robot tingkat nasional yang akan digelar di Yogyakarta pada bula Juni 2014 mendatang. Mereka akan merebut posisi Indonesia mawakili Kontes Robot Internasional ABU Robocon 2014 yang akan berlangsung di Punne – India, pada 24 Agustus tahun 2014 mendatang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here