More

    Mahasiswa Unpad Kenalkan Budaya Jawa Barat Lewat Coklat

    Choped.id
    Choped.id

    Coklat adalah salah satu makanan yang populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang enak membuat penganan ini disukai masyarakat.

    Namun ada yang berbeda dengan kemasan coklat yang satu ini. Tak hanya rasanya yang enak, tapi juga mengenalkan kebudayaan Jawa Barat.

    Namanya Choped atau kepanjangan dari Chocolate of Padjadjaran as Educative Media. Choped dibuat oleh mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad). Mereka adalah Farida Alia Dewi (Fakultas Peternakan/Fapet), tim ini beranggotakan Devi Rezki Utami (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/FISIP), Nidya Nasrun (FISIP), Yuliana Sari Fatimah (FISIP), dan Faried Latief (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

    - Advertisement -

    “Kami memilih budaya yang rata-rata orang bingung asalnya darimana,” ungkap Yuliana.

    Menurutnya, kemasan coklat yang dibuat berisi informasi mengenai kebudayaan Jawa Barat. Diantaranya adalah Jaipong, Egrang, Kuda Renggong, dan Wayang Golek.

    Sementara isinya kata Yuliana adalah nanas, madu subang, Ubi Cilembu khas Jawa Barat. Namun ada juga rasa original alias tanpas isi, dark, milk, dan white chocolate.

    (Baca Juga: Mahasiswa Unpad Kobarkan Api Perlawanan di Kampus Jatinangor)

    “Itu dari hasil diskusi sih. kami mau mengangkat bahan baku lokal. Sebenarnya banyak bahan baku lokal, tapi yang bisa direkomendasikan baru dua ini. Sebenarnya kita masih mencari tahu lagi sumber lokal apa lagi yang bisa dipadukan sama cokelat,” tambah Farida.

    Saat ini Choped sudah banyak dijual di beberapa tempat di kampus, termasuk toko makanan di Jatinangor, dan ikut beberapa pameran. Melalui produk ini, mahasiswa berkeinginan untuk membuka lapangan pekerjaan pada masyarakat sebagai tim produksi.

    Chopped ini juga menjadi salah satu produk unggulan Unpad yang tengah dipersiapkan untuk mengikuti ajang PIMNAS di Universitas Haluoleo, Kendari pada 05 -09 Oktober 2015. Lewat produk ini Unpad berharap meraih emas di PIMNAS 2015.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here