More

    Inilah Enam Dosen Dengan Publikasi Ilmiah Terbanyak di ITS

    Enam dosen dengan jumlah publikasi terbanyak di ITS
    Enam dosen dengan jumlah publikasi terbanyak di ITS

    Publikasi karya ilmiah sangatlah penting bagi para akademisi. Bukan hanya sebagai prasyarat semata,  tapi juga untuk masa depan bangsa. Kalau sebuah penelitian hanya disimpan di perpustakaan, lalu siapa yang membaca.

    Seperti yang ditunjukkan para peneliti atau dosen kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Banyaknya hasil publikasi ilmiah membuat mereka terpilih sebagai akademisi dengan jumlah publikasi ilmiah terbanyak di ITS.

    Berikut enam dosen ITS dengan publikasi jurnal ilmiah terbanyak versi resits.its.ac.id

    - Advertisement -

    Semin ST MT PhD

    Semin adalah dosen Jurusan Teknik Perkapalan (JTSP). Ia memulai debut publikasi ilmiahya sejak tahun 2006. Hingga saat ini, Semin terhitung telah mempublikasi sebanyak 81 jurnal.

    Jurnal terbarunya dipublikasikan pada 2015 lalu, dengan judul Analysis of Biogas as An Alternative Fuel for Electric Generator Engine in Bawean Island, Indonesia.  Alumnus JTSP ITS ini juga telah menulis dua judul buku, mengikuti 16 konferensi, dan melakukan delapan penelitian.

    Prof Dr Ir Sarwoko Mangkoedihardjo MscES

    Pria yang kerap disapa Sarwoko ini adalah dosen Jurusan Teknik Lingkungan (JTL) ITS. Sejak tahun 2006, ia telah mempublikasikan sebanyak 74 jurnal.

    Salah satu jurnal yang dipublikasikan tahun 2015 berjudul System Dynamic Modeling for Behaviour Pattern on Process and Operation of Water Treatment Plant. Jurnal ini merupakan karyanya bersama kedua rekannya, Prof Ir Wahyono Hadi MSc PhD dan Prof Dr Ir Budi Santoso ME.

    Selain mempublikasikan 74 jurnal, Kepala Laboratorium Sanitasi Lingkungan dan Fitoteknologi (LASILFI) JTL ini juga telah menulis sembilan judul buku, mengikuti tujuh konferensi, dan melakukan sembilan penelitian.

    Christiono Utomo ST MT PhD

    Christiono Utomo merupakan dosen Jurusan Teknik Sipil (JTS) ITS. Dosen di Laboratorium Manajemen Konstruksi JTS ITS ini telah memiliki publikasi ilmiah mencapai 65 judul.

    Jurnal pertamanya dipublikasi pada tahun 2010, dengan judul Multi-Agent System for Negotiation Support on Construction Value-based Decision. Christiono juga telah menulis tiga judul buku, mengikuti 140 konferensi, dan melakukan sepuluh penelitian.

    Prof Dr Drs Darminto MSc

    Darminto adalah dosen yang pernah menjabat sebagai Wakil Rektor IV 2010-2015. Darminto yang pernah merangkap jabatan sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) telah berhasil mempublikasi sebanyak 64 jurnal ilmiah.

    Bersama kedua rekannya, Dr rer nat Triwikantoro MSc dan Drs Mochamad Zainuri MSi, Darminto mempublikasi jurnal terbarunya pada tahun 2015, berjudul Synthesis of SiO2 nanopowders containing quartz and cristobalite phases from silica sands.

    Selain mempublikasikan 64 jurnal, mantan dosen Laboratorium Fisika Material Jurusan Fisika ITS tersebut juga pernah mengikuti 72 konferensi dan melakukan 25 penelitian.

    Dr Suhartono SSi MSc

    Suhartono merupakan dosen Jurusan Statistika ITS. Sejak tahun 2006, ia telah berhasil mengumpulkan sebanyak 51 publikasi ilmiah. Jurnal pertamanya berjudul The Impact of Linearity test on Forecasting Indonesian Inflation by Using Neural Networks.

    Ketua Laboratorium Statistik Komputasi Jurusan Statistika ITS juga telah menulis satu judul buku, mengikuti 23 konferensi dan melakukan 12 penelitian.

    Setiyo Gunawan ST PhD

    Setiyo Gunawan merupakan dosen Jurusan Teknik Kimia (Tekkim) ITS. Setiyo yang bekerja di Laboratorium Teknik Biokimia Jurusan Tekkim ITS ini telah mempublikasi sebanyak 45 jurnal.

    Debutnya dalam publikasi jurnal dimulai pada tahun 2006 dan telah menghasilkan sebanyak 45 publikasi ilmiah. Jurnal perdananya berjudul Pemisahan Squalene dan Fatty Acid Steryl Esters dari Soybean Oil Deodorizer Distillate: Penghilangan Free fatty acids dan Triacylglycerols.

    Selain mempublikasikan 45 jurnal, alumnus program Doktor Jurusan Teknik Kimia  National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) ini juga telah menulis satu judul buku, mengikuti 57 konferensi, dan melakukan sembilan penelitian. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here