More

    ITS Luncurkan Mobil Balap Sapu Angin

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mobil Balap ITS

    Mobil Balap ITS. FOTO : ITS

    - Advertisement -

    SURABAYA, KabarKampus – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya meluncurkan mobil balap Sapu Angin (SA) Speed. Mobil ini dibuat untuk kompetisi balap bergengsi di Student Formula Japan (SFJ) 2013 di Shizuoka, Jepang pada 2 September 2013 mendatang.

    Untuk dapat berlaga di Jepang (2/9) nanti, tim SA akan melewati tahap static event. SA Speed akan bersaing dengan 77 peserta dari seluruh dunia yang juga lolos static event.

    Mobil ini menggunakan mesin Kawasaki 610 cc. Dalam bebeberaa kali pengujian mobil ini mampu membelah jalan dengan waktu 5,2 detik dengan perjalanan sejauh 100 meter.

    Kompetisi SFJ berbeda dari perlombaan Shell Eco Marathon yang menitikberatkan pada efisiensi. Perlombaan kali ini semacam balap slalom. SFJ mengharuskan peserta untuk merancang, membuat, dan memasarkan mobil jenis formula yang memiliki efisiensi tinggi.

    Dari Indonesia hanya ada dua perwakilan, yakni tim SA ITS dan satu tim lain dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

    Ketika dicoba dalampeluncuran pada Jumat, 23/08/2013 kemarin, mobil mengalami kegagalan starter lantaran terjadi kebocoran selang bahan bakar karbulator. Namun setelah diperbaiki, mobil dapat melacu kencang hingga ikut memacu jantung setiap penonton yang hadir.

    Menurut Alam Eka Putra, driver SA Speed, hal tersebut terjadi karena perekat antara selang dan karbulator tidak merekat kuat.

    ”Semoga tidak terjadi ketika perlombaan berlangsung,” ungkapnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here