More

    Robot Mahasiswa UGM Gantikan Tugas Pramusaji

    Ahmad Fauzan Sazli

    robot cerdas mahasiswa UGM

    Robot Pramusaji Mahasiswa UGM. FOTO : UGM

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan inovasi baru pada sebuah robot. Mereka mengembangkan sebuah robot yang dapat menggantikan tugas-tugas seorang pramusaji dalam mengantarkan makanan ke dapur dan ke meja konsumen.

    Mahasiswa UGM tersebut adalah, Ardiyan Rofiq, Lutfi Yahya, Rilla Khoirunisa, dan Claricha Audi. Robot mereka namakan ROPADAS yang merupakan singkatan dari Robot Pramusaji Cerdas.

    “Robot ini dikembangkan menggunakan aplikasi dari robot line follower. Sama halnya dengan line follower system, robot ini berjalan dari dapur ke meja pelanggan mengikuti garis hitam yang terdapat pada lantai,” papar Rofiq, Selasa (10/9/2013).

    Menurutnya pengoperasian robot ini cukup mudah. Pertama, rumah makan yang menggunakan ROPADAS harus dilengkapi dengan track berupa garis hitam pada lantai sebagai jalan robot dari dapur ke meja makan. Operator dari robot ini cukup menyajikan makanan yang dipesan konsumen pada nampan robot lalu menekan tombol yang telah tersedia dan memilih nomor meja sesuai pesanan.

    Lanjutnya, secara otomatis robot akan berjalan dari dapur ke meja pemesan, serta mempersilahkan konsumen untuk mengambilnya. Bagi konsumen yang telah mengambil makanan dapat menekan tombol sesuai instruksi, sehingga robot ini akan kembali ke dapur dengan sendirinya.

    ROPADAS memiliki beberapa fitu-fitur pendukung antara lain modul suara, sensor RTF dan nampan yang dilengkapi bearing. Modul suara dibuat agar robot dapat berinteraksi dengan pelanggan, misalnya mempersilahkan mengambil makanan. Selain itu, robot ini dapat berhenti dengan sendirinya apabila ada benda maupun manusia yang ada di depannya, hal ini untuk menghindari tambarakan antara robot dengan manusia.

    Robot ini diharapkan dapat membantu pemilik rumah makan dengan sistem pelayanan yang kurang baik dan dijadikan sebagai icon sehingga dapat menarik pengunjung yang penasaran ingin diantar makanannya oleh sebuah robot. Selain itu, robot ini diharapkan dapat menjadi pionir perkembangan smart restoran di Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here