More

    Software Belajar Gitar Untuk Pemula

    Ahmad Fauzan Sazli

    software gitar darmajaya

    Alsep Barus. FOTO : IBI Darmajaya.

    - Advertisement -

    BANDAR LAMPUNG, KabarKampus – Bagi kamu yang ingin belajar gitar, nampaknya software yang dibuat mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya ini patut dicoba. Software ini dibuat untuk pemula yang ingin belajar gitar.

    Mahasiswa tersebut adalah Alsep Barus, Mahasiswa Ilmu Komputer IBI Darmajaya, Bandar Lampung. Software yang dibuat Alsep merupakan karya ilmiahnya bertajuk “Rancang Bangun Sistem Frekuensi Nada pada Gitar Berbasis Flash”.

    Alsep menjelaskan, bahwa softwarenya ini berisi berbagai macam pengenalan gitar untuk pemula. Pengenalan tersebut antara lain, nada standar gitar, letak chord, komposisi nada dari sebuah chord, letak sebuah chord pada finger board, dan belajar tuning gitar secara mandiri dengan metode user friendly dan easy listening.

    “Hanya dengan menekan enter di komputer, bisa mengeluarkan suara yang sama seperti gitar,” jelas Alsep.

    Alsep memaparkan , software ini memudahkan belajar gitar. Software ini  berbeda dengan buku panduan atau belajar di internet, karena aplikasi ini tidak perlu online internet.

    Adapun spesifikasi hardware dan software ini terdiri dari perangkat lunak : Windows 8, Adobe Flash CS4, Adobe Photoshop CS4, Flash Player, Cool Edit Pro 2.0, Gear Box Line 6 for POD XT Live,  Fruity Loops 9.0 dan perangkat keras : Laptop, Sound Card External, Mouse, Headshet.

    Alsep memaparkan, aplikasi media pembelajaran gitar ini dibangun dengan mengintegrasikan ke empat elemen multimedia yaitu animasi, teks, gambar, dan suara.

    Karya Alsep ini sudah diuji langsung terhadap berbagai jenis laptop. Media yang dikembangkan bisa berjalan dengan baik pada tipe laptop yang mempunyai Operating System  yang mendukung Flash Player.

    “Saya berharap dengan adanya aplikasi media pembelajaran ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan bermain gitar bagi user atau siswa-siswi,” ujar Alsep.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here