More

    Film Sokola Rimba Rilis November 2013

    Frino Bariarcianur
    Film “Sokola Rimba” garapan Riri Reza dan Mira Lesmana merupakan adaptasi dari kisah perjuangan seorang perempuan bernama Butet Manurung yang menjadi guru bagi suku anak pedalaman di Jambi.

    Pengalaman menjadi seorang guru tersebut ditulis dalam buku “Sokola Rimba : Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba” yang diterbitkan oleh Insist Press tahun 2007. Butet sendiri yang menuliskannya. Buku ini membuka mata semua orang betapa pendidikan di Indonesia masih berpihak kepada orang-orang yang memiliki uang saja. Sementara orang-orang yang hidup di tengah rimba tak dipedulikan oleh pemerintah.

    - Advertisement -

    Dalam film “Sokola Rimba” sang sutradara akan memperlihatkan bagaimana seorang perempuan berinteraksi di tengah-tengah komunal yang tidak dikenalnya. Perempuan itu sendiri. Namun dengan kesungguhan dan kesabarannya, anak rimba di pedalaman Hutan Bukit Duabelas Jambi, mengenal apa itu sekolah.

    Tidak hanya soal “Sokola” film ini juga menyuguhkan secara jelas posisi masyarakat suku pedalaman yang kian terjepit akibat perluasan kelapa sawit. Mereka semakin terpinggirkan di dalam rumah mereka sendiri.

    Film ini dibintangi oleh Prisia Nasution yang pernah meraih penghargaan Aktris Terbaik pada Festival Film Indonesia tahun 2011 dalam film “Penari”. Dalam film tersebut ia memerankan tokoh Butet Manurung.

    Film “Sokola Rimba” akan dirilis 21 November 2013. Ayoo jangan sampai ketinggalan menonton film ini! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here