More

    Rektor ITB Heran Peserta SBMPTN Tidak Mau Daftar Bidik Misi

    Mega Anggraeni

    Soal ujian SBMPTN yang akan disebar ke 102 lokasi ujian di Bandung. FOTO : MEGA ANGGRAENI
    Soal ujian SBMPTN yang akan disebar ke-103 lokasi ujian di Bandung. FOTO : MEGA ANGGRAENI

    BANDUNG, KabarKampus-Jumlah peserta yang berminat masuk PTN ITB melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) cukup banyak, yakni sebesar 29.967 siswa. Mereka bersaing untuk memenuhi kuota sebesar 1424, yang sudah disediakan oleh kampus. Kuota tersebut tersebar di 12 fakultas.

    Hanya saja, menurut Rektor ITB, Akhmaloka, jumlah tersebut tidak diimbangi oleh jumlah peminat dari jalur bidik misi. Tahun lalu, tambahnya, ITB menerima sebanyak 519 siswa dari bidik misi. Padahal, ITB menargetkan siswa bidik misi akan mencapai angka 800.

    - Advertisement -

    “Saya heran sama anak-anak, kenapa pada tidak mau daftar ke bidik misi ya? Mungkin mereka pikir biaya kuliah di ITB sangat mahal, padahal beasiswanya masih banyak. Sekarang kami sedang mencari sekitar 200 siswa lagi untuk bidik misi,” ungkap Rektor ITB kepada KabarKampus.

    Sebanyak 40 ribu 899 siswa mengikuti ujian SBMPTN di Bandung pada Selasa (17/06/2014). Selama satu hari penuh, sejak pukul 07.00 pagi hingga pukul 14.30 mereka mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Para peserta tersebar di 103 lokasi ujian di Kota Bandung. Dalam ujian ujian SBMPTN peserta dibagi menjadi 3 kelompok yakni Sainstek, Soshum dan Campuran. 

    Ujian seleksi tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain tidak ada perbedaan biaya masuk pendaftaran, ujian pun hanya dilakukan selama satu hari saja. Akhmaloka menyebutkan, singkatnya waktu ujian adalah bentuk efisiensi.

    Pengumuman SBMPTN 2014 akan diumumkan pada tanggal 16 Juli 2014 melalui laman www.sbmptn.or.id. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here