More

    ITS Siapkan Mudik Bareng Gratis

    Ahmad Fauzan Sazli

     

    15 07 2014 Mudik BarengSURABAYA, KabarKampus – Sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia untuk pulang kampung alias mudik menjelang hari raya idul Fitri. Tak terkecuali warga area kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

    - Advertisement -

    Lebaran tahun ini panitia Ramadhan di Kampus 1435 Hijriah (RDK 35 ITS) telah menyiapkan sebanyak 10 bus  bus dalam kegiatan mudik bareng. Rencanya mudik bareng tersebut akan digelar pada tanggal 24 Juli 2014 mendatang.

    “Setiap bus terdiri dari empat puluh orang, jadi mudik kali ini bisa diikuti sekitar empat ratus orang,” ujar Kharisma Agung, penanggung jawab kegiatan mudik bareng.

    Ia menjelaskan, dalam mudik bareng tersebut panitia menyediakan bus ke berbagai pilihan kota tujuan. Tercatat sekitar tujuh kota yang menjadi tujuan mudik utama yaitu Trenggalek, Banyuwangi, Ngawi, Bojonegoro, Pacitan, Blitar, dan Sumenep. Masing-masing memiliki rute perjalanan yang berbeda-beda.

    Seperti tahun-tahun sebelumnya, mudik bareng kali ini hanya ditujukan pada daerah sekitar Jawa Timur saja. Sebenarnya, panitia sudah mengusahakan untuk daerah Jawa Tengah, namun ternyata hal ini belum terwujud.

    “Dari Dinas Perhubungan (Dishub) hanya menyediakan untuk daerah Jawa Timur saja,” imbuh Agung.

    Pemudik tidak perlu khawatir dengan biaya. Pasalnya, mudik bareng ini tak dikenai biaya sepeserpun. RDK yang telah bekerjasama dengan Dishub tampaknya sudah menutupi segala biaya yang diperlukan. “Jadi mereka (peserta mudik, red) tinggal mendaftar saja,” jelas mahasiswa jurusan Teknik Sipil tersebut.

    Tak hanya bagi mahasiswa, mudik bareng juga disediakan bagi masyarakat umum. Bahkan, rombongan keluarga pun dapat ikut mendaftar. Syaratnya mudah, bagi masyarakat umum hanya menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sementara bagi mahasiswa hanya perlu menyerahkan salinan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

    Adapun pendaftaran mudik bareng sudah dibuka sejak Minggu (29/06/2014) dan akan berakhir pada Kamis (17/7) mendatang. Hingga saat ini, terlihat bahwa warga sekitar sangat antusias untuk turut ambil bagian dalam kegiatan ini.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here