More

    Rumah Zakat Berikan Beasiswa Kepada 212 Mahasiswa UGM

    Rumah Zakat UGM berikan beasiswa kepada sebanyak 212 mahasiswa UGM. Foto. UGM
    Rumah Zakat UGM berikan beasiswa kepada sebanyak 212 mahasiswa UGM. Foto. UGM

    YOGYAKARTA, KAbarKampus – Rumah Zakat Infaq dan Shodaqoh (R-ZIS) UGM memberikan beasiswa kepada sebanyak 212 mahasiswa UGM.  Para mahasiswa ini berasal dari berbagai fakultas dan Sekolah Vokasi UGM.

    Para mahasiswa akan menerima tunjangan hidup dari beasiswa R-ZIS UGM untuk semester Genap T.A. 2014-2015 dengan besaran 100 ribu, 200 ribu dan 300 ribu per bulan selama periode Maret s.d Agustus 2015. Besaran beasiswa tersebut bervariasi karena sebagaian penerima beasiswa telah mendapatkan beasiswa dari Bidik Misi.

    Penyerahan dilakukan Dr. Senawi, M.P Direktur Kemahasiswaan UGM, bersama Dr. didi Achjari, S.E., Akt., M.Com, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi, Taufikur Rahman, S.E., MBA, Direktur Operasional R-ZIS, dan Nurrahma S. Sukur Perwakilan CIMB Niaga Syariah  di Balairung UGM, Rabu sore (15/4/2015).

    - Advertisement -

    “Terima kasih untuk para mitra yang telah memberi bantuan beasiswa atau tambahan besaiswa yang mungkin selama ini dari mereka yang mendapat beasiswa BIDIK MISI perlu untuk mendapat tambahan. Sehingga apa yang diberikan bapak ibu semua betul-betul bisa membantu para mahasiswa,” kata Didi Achjari saat berlangsung seremoni Penyerahan Beasiswa R-ZIS UGM.

    Didi menuturkan sebanyak 638 mahasiswa S1 dan Vokasi UGM saat ini masih mengantri untuk mendapatkan beasiswa. Karena itu, ia berharap semakin banyak mitra UGM yang peduli dan memberikan bantuan guna menyantuni biaya pendidikan mahasiswa.

    “Terus terang antara realita dana dan kebutuhan masih ada gap, harapan kami kontribusi dari para mitra bisa sedikit menutup gap tadi. Meski tidak harus menutup keseluruhan sebanyak 638 mahasiswa yang membutuhkan, namun minimal bisa terkurangi. Karena itu, masih banyak celah untuk menanam kebajikan di kampus ini,” tuturnya.

    Taufikur Rahman,  Direktur Operasional R-ZIS UGM menjelaskan, ada 2 sumber utama pengumpulan dana di Rumah ZIS UGM, yaitu dari kalangan internal dan eksternal. Dari internal UGM yang terkumpul dari karyawan dan dosen sebesar 159 juta, dan eksternal dari terutama alumni menyumbang 205 juta dan 198 juta dari masyarakat umum diantaranya perusahaan-perusahaan seperti CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

    “Total sumber dana tahun 2014 sekitar 700 juta, yang 50 persen lebih untuk beasiswa S1 dan vokasi di UGM serta lainnya untuk beasiswa SMA, SMP dan SD dan SLB. Jadi  total untul alokasi beasiswa 391 juta,” katanya.

    Menurut Taufik, Rumah ZIS UGM berdiri sejak tahun 2008 dan hingga saat ini telah banyak kegiatan yang dilakukan. Tidak hanya pengumpulan dana dari civitas akademika, terutama dosen dan karyawan UGM, namun juga dipercaya oleh masyarakat umum yang menitipkan Zakat Infaq dan Shodaqoh.

    “Selain beasiswa, kita juga melakukan pengabdian untuk beberapa masyarakat di Yogyakarta. Diantaranya penyaluran sembako senilai 135 juta untuk 204 warga sekitar kampus,” katanya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here