More

    Pahlawan Kebakaran Surabaya Inspirasi Anak-anak Eks Dolly

    Anak-anak eks lokalisasi Dolly menggunakan pakaian petugas pemadam kebakaran dalam kunjungan mereka di Dinas Damkar Surabaya, Minggu, (06/03/2016). Foto : Mus
    Anak-anak eks lokalisasi Dolly menggunakan pakaian petugas pemadam kebakaran dalam kunjungan mereka di Dinas Damkar Surabaya, Minggu, (06/03/2016). Foto : Mus

    SURABAYA, KabarKampus – Hari Minggu pagi menjadi hari yang istimewa bagi adik-adik kampung eks lokalisasi Dolly Surabaya. Mereka berkesempatan untuk berkunjung ke markas pahlawan kebakaran yaitu Dinas Pemadam Kebakaran, Kota Surabaya, Minggu, (06/03/2016).

    Para anak-anak usia Sekolah Dasar ini diajak komunitas Gerakan Melukis Harapan (GMH) melalui kegiatan yang dinamakan Taman Inspirasi. Kegiatan ini ingin menginspirasi anak-anak eks Dolly untuk meraih dan mewujudkan cita-cita dengan melihat langsung apa yang dilakukan para profesional.

    Kunjungan ke markas Dinas Pemadam Kebakaran kali ini diikuti oleh sebanyak  56 anak-anak. Di sana mereka tak hanya dikenalkan dengan petugas dan perlengkapan pemadam kebakaran, namun juga diajak naik ke atas mobil pemadam kebakaran dan simulasi memadamkan kebakaran.

    - Advertisement -

    “Melalui program Taman Inspirasi besar harapannya dapat membuka wawasan adik-adik eks Dolly dalam meraih cita-citanya” jelas Mustofa Sam selaku Koordinator Bidang Pendidikan GMH.

    Menurut pemuda yang akrab disapa Cak Mus ini, mendatangkan adik-adik eks lokalisasi Dolly ke dunia profesional bukanlah untuk kali pertama, sebelumnya mereka pernah mengajak adik-adik ke Polsek Sawahan yang dilanjut dengan field trip ke Tugu Pahlawan.

    “Pada field trip ke pemadam kebakaran menyajikan sesuatu yang berbeda dari field trip sebelumnya. Di sanadijelaskan tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan penggunaannya, seragam dinas kebakaran yang tahan panas dan tahan api, selang pemadam api dan asap, palu, kapak dan lain-lain yang berkaitan dengan proses pemadaman api,” ungkap Cak Mus yang merupakan lulusan ITS Surabaya ini.

    Kemudian, katanya, setelah dijelaskan perlengkapan dinas pemadam kebakaran, adik-adik pun diajak keliling dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan bunyi sirine. Selanjutnya mereka berfoto di atas mobil besar pemadam kebakaran dan melakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan selang yang telah disiapkan oleh dinas pemadam kebakaran.

    Sementara itu, Cervin Bagas Syailendra, siswa kelas 6 SD salah satu peserta Taman Inspirasi mengaku senang mengikuti acara ini karena menambah wawasan. Ia juga mendapat pengalaman untuk memadamkan api dengan menggunakan selang milik dinas pemadam kebakaran.

    “Bahagia mas, soalnya bisa memadamkan api dengan menggunakan selang milik bapaknya,” jelas Cervin.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here