More

    Enam Program Studi ITB Terbuka Untuk Mahasiswa Asing

    ENCEP SUKONTRA
    BANDUNG, KabarKampus – Tahun ini Insitut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan kelas internasional di enam program studi (Prodi). Program S1 ini terbuka bagi warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) yang menempuh SMA-nya di luar negeri.

    Kadarsyah Suryadi, Rektor ITB mengatakan, enam prodi yang membuka kelas internasional tersebut adalah Pharmaceutical Science and Technology, Clinical and Community Pharmacy, Chemical Engineering, Mechanical Enginering, Aeronautics and Astronautics, dan Management Majoring in International Business.

    Dibukanya kelas internasional sebagai respon ITB terhadap globalisasi. Kelas ini menggunakan pengantar bahasa internasional, yakni bahasa Inggris. Selain itu, kelas internasonal juga akan membuka interaksi antara WNA dan WNI. Sebab, WNI juga bisa mendaftar di kelas internasional ini.

    - Advertisement -

    “Kelas internasional juga sebagai pertemuan budaya. Sehingga setiap mahasiswa bisa bergaul dan terbiasa dalam bahasa internasional. Dengan adanya mahasiswa asing juga akan terjadi interaksi dengan mahasiswa kita (WNI),” terang Kadarsyah Suryadi baru-baru ini di Bandung.

    Kadarsyah Suryadi menjelaskan, pendidikan program internasional ITB terdiri dari program bergelar (S1, S2, dan S3) termasuk gelar ganda (double degree), serta program pertukaran (exchange program).

    Pada masa penerimaan Semester I 2015-2016, jumlah mahasiswa asing yang diterima pada program bergelar di ITB sebanyak 30 orang yang terdiri dari S1, S2 dan S3. Sedangkan program pertukaran sebanyak 75 orang yang terdiri dari S1, S2 dan S3.

    Masa penerimaan Semester II 2015-2016, jumlah mahasiswa asing yang diterima pada program bergelar di ITB sebanyak 18 orang, semuanya S2. Sedangkan program pertukaran sebanyak 75 orang.

    Mahasiswa asing tersebut berasal dari berbagai benua di dunia, antara lain Malaysia, China, India, Pakistan, Uganda, Republik Ceko, Spanyol, Prancis, Amerika Serikat, Republik Panama, dan lainnya.

    Masa pendaftaran gelombang terakhir untuk seleksi Penerimaan Program Internasional S1 tahun penerimaan 2016-2017 dibuka mulai tanggal 1 – 30 Juni 2016. Informasi tentang Program Internasional termasuk prosedur pendaftaran dapat dilihat di laman http://usm.itb.ac.id/international/.

    “Saat ini proses seleksi mahasiswa program internasional untuk penerimaan semester I 2016-2017 masih berlangsung, sehingga data mahasiswa asing yang akan diterima akan terus bertambah,” tambah Kadarsyah Suryadi. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here