More

    Budiman Sudjatmiko Tuangkan Kisahnya Lewat Komik

    14 08 2016 Budiman Sudjatmiko Luncurkan KomikBudiman Sudjatmiko, tokoh pemuda dalam reformasi 98 berbagi kisahnya dengan generasi muda masa kini. Ia menuangkan kisahnya tersebut melalui medium komik.

    Berkolaborasi dengan Yoga Adhitrisna, ia menerbitkan serial komik Anak-anak Revolusi yang diadaptasi dari novel Anak-Anak Revolusi, sebuah otobiografi Budiman Sudjatmiko. Namun isinya tidak melulu diambil dari novel tersebut. Berbagai kisah seru yang tidak tertuangkan dalam novel tersebut, ada di komik ini.

     

    - Advertisement -

    Komik Serial Anak-Anak Revolusi I ini diberi judul Talking About A Revolution, diinspirasi oleh judul lagu Tracy Chapman, Talkin’ ‘Bout A Revolution, yang kerap dinyanyikan oleh mahasiswa 90’an. Judul ini dirasa pas dengan kisah perjalanan tumbuhnya generasi anak muda yang memiliki keinginan menggebu untuk membuat perubahan di negaranya.14 08 2016 Komik Budiman Sujatmiko

    Novel Anak-Anak Revolusi I direncanakan akan diadaptasi menjadi tiga judul komik yang kesemuanya diinspirasikan oleh judul lagu. Diawali dengan Talking About A Revolution, diikuti oleh Forever Young, dan Darah Juang. Forever Young (diinsiprasi oleh lagu group musik asal Jerman, Alphavillle) dan Darah Juang (diinspirasi lagu perjuangan pro demokrasi, karya John Tobing).

    Nantinya Komik Serial Anak-Anak Revolusi tidak hanya bersumber cerita dari Novel karya Budiman, karena ada banyak sekali kisah tentang anak muda yang berada di baris depan perubahan. Sebagai inspirasi bagi anak muda berikutnya, kisah-kisah ini tentu perlu diangkat melalui medium komik yang juga digemari oleh anak muda.

    Kemunculan komik ini juga menandai lahirnya Anak Revolusi Movement (ARM), sebuah wadah bagi anak muda untuk beraktivitas, berkolaborasi, dan berkarya untuk bangsanya. Berbagai aktivitas digagas untuk menampung semangat anak-anak muda dalam mempercepat laju perubahan yang didasarkan pada kepekaan sosial, kreativitas, dan kemajuan teknologi.

    Soft Launch Serial Komik Anak-Anak Revolusi I: Talkin About A Revolution dan Anak Revolusi Movement hadir dalam acara Popcon Asia 2016 pada hari Minggu 14 Agustus, di Jakarta Convention Center, Jakarta. Dalam acara yang mengusung Pop Revolution ini juga menghadirkan keempat kreator Komik Anak-Anak Revolusi . Mereka akan melakukan sharing tentang proses kreatif pembuatan komik ini di panggung utama Popcon pukul 13.25-13.55.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here