More

    Dosen Unija “Ngajar” di PAUD

    Dosen Universitas Jakarta berfoto bersama dengan siswa siswi PAUD dan orang tua dalam kegiatan Pengabbdian kepada Masyarakat di Melati RW 04 Rawa Bunga, Jakarta Timur, Minggu, (12/08/2018). Foto : FIA Unija.

    JAKARTA, KabarKampus – Dosen Universitas Jakarta (Unija) memberikan kuliah di PAUD. Kegiatan ini berlangsung di PAUD Melati RW 04 Rawa Bunga, Jakarta Timur, Minggu, (12/08/2018).

    Tema yang diangkat adalah “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi Anak dan Pengelolaan Keuangan Sederhana dalam Keluarga”. Hadir dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi PAUD beserta orang tua mereka.

    Petrus Paulus Mbette Suhendro, S.T., M.Pd. salah satu pembicara mengatakan, orang tua sebagai panutan, pembimbing, pengelola, dan sekaligus menjadi pendidik buah hatinya akan sangat memengaruhi way of life anak. Peranan orang tua dalam mendampingi dan menjamin kenyamanan anaknya untuk memahami literasi prasekolah dalam bingkai proses mengembangkan kemampuan berbahasanya sangat diperlukan.  Sehingga program-program yang mendukung perkembangan anak perlu diakomodasi.

    - Advertisement -

    “Pendidikan literasi dapat dimulai, misalnya membacakan cerita atau dongeng, mendampingi anak ketika menonton tayangan televisi atau film. Orang tua sangat berperan dalam mendorong minat baca anak usia prasekolah,” ujar dosen Unija ini.

    Sementara itu, drh. Isnardono, M.M, dalam paparannya mengatakan, bahwa ibu rumah tangga dapat menjalankan konsep dasar akuntansi dan manajemen keuangan. Konsep tersebut berupa alokasi, skala prioritas, dan pencatatan biaya dalam rumah tangga.

    “Yang penting adalah tetap disiplin dan menjaga ketelitian dalam pencatatan,” kata dosen Unija yang jadi pembicara kedua kegiatan tersebut.

    Kegiatan “kuliah” ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dari Fakultas Ilmu Administrasi  Universitas Jakarta (Unija). Selain para dosen, puluhan mahasiswa juga hadir memeriahkan kegiatan di PAUD. Dalam kesempatan tersebut, para dosen menyerahkan buku-buku bacaan dan perlengkapan belajar untuk PAUD Melati dari hasil urun dana mahasiswa FIA Unija.

    “Sebagai guru PAUD, saya senang sekali dan menyambut kedatangan tim dari Unija yang cukup banyak, datang ke tempat kami,” ujar Farida, S.Pd.I sebagai guru PAUD Melati.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here