More

    Tak Lolos SBMPTN, Kamu Masih Bisa Daftar Jalur Mandiri dan Vokasi

    Rektorat ITS. (ITS)

    SURABAYA, KabarKampus – Tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bukanlah akhir dari segalanya. Calon mahasiswa masih dapat mencobanya melalui jalur mandiri, vokasi, atau internasional.

    Seperti di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Kampus yang berada di Kota Surabaya ini masih memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang telah dimiliki untuk mendaftaran di ITS.

    Ada tiga jalur yang masih di buka di ITS, yaitu Progam Kemitraan dan Mandiri (PKM), Vokasi, dan Kelas Internasional. Terdapat 30 persen dari kuota mahasiswa baru program sarjana ITS dari jalur PKM yang telah disiapkan, yaitu sebanyak 1.261 kursi. Sedangkan pada jalur vokasi tersedia kuota 720 kursi dan Kelas Internasional sebanyak 375 kursi (ada 15 prodi dan tiap prodi ada kuota 25 kursi) yang dapat ditempati oleh calon mahasiswa baru ITS.

    - Advertisement -

    Periode pendaftaran pada jalur PKM sendiri akan berakhir pada 12 Juli 2019, jalur Vokasi ditutup pada 27 Juli 2019, dan pendaftaran Kelas Internasional ditutup pada 23 Juli 2019.

    Untuk Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa sederajat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS. Mereka merupakan utusan instansi mitra (perusahaan atau pemerintah daerah), dan mempunyai nota kesepahaman dengan ITS yang ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA. Sedangkan Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA atau sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

    Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada jalur PKM sebesar Rp 7,5 juta tiap semester untuk semua program studi. Sementaara untuk biaya pendidikan pada program Joint Degree Teknik Perkapalan sebesar Rp 25 juta per semester, serta pada program Joint Degree Marine Engineering (Teknik Sistem Perkapalan) sebesar Rp 20 juta per semester.

    Kemudian terdapat juga Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang pada Progam Kemitraan besarnya sesuai dengan yang telah disepakati dalam Piagam Kerjasama Kemitraan antara ITS dengan mitra ITS. Berikutnya, SPI pada Program Mandiri yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah minimal yang telah ditentukan pada setiap progam studi.

    Periode pendaftaran pada jalur PKM sendiri akan berakhir pada 12 Juli 2019, jalur Vokasi ditutup pada 27 Juli 2019, dan pendaftaran Kelas Internasional ditutup pada 23 Juli 2019.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here